BUKA BERSAMA DI PANTI ASUHAN BINA SIWI SENDANGSARI PAJANGAN

Rabu, 23 Juli 2014. Aku dan teman-teman kakak senior smester 4 prodi akuntansi mengadakan acara buka bersama di Panti Asuhan Bina Siwi. Letaknya di Sendangsari tepatnya di belakang balai desa Sendangsari. Rencana awal kumpul di kampus pukul 16:00 WIB. Tetapi jam orang Indonesia kebiasaan deh ngarettt alias molorr. Berhubung rumahku dengan kampus jaraknya jauh jadi aku langsung menuju ke Panti saja dengan teman seangkatanku. Sekitar pukul 16:30 aku telah sampai tempat dimana aku janjian sama temanku tepatnya di Pasar Pijenan dekat lapangan Wijirejo atau yang lebih dikenal dengan lapangan Gesikan. Langsung saja ku bbm dan sms temanku itu. Ternyata dia mampir ke konter pulsa dulu untuk mengisi pulsa karena kehabisan. Aku melepas jas almamater yang sedari rumah tadi kupakai agar tak terlihat saja kalau musim-musim liburan kayak gini kok ada kuliah. Padahal ini acara di luar jam kuliah. Tak menunggu lama temanku datang kami segera meluncur ke lokasi.
Sesampainya disana halaman panti masih sepi. Kami hanya menunggu di tepi jalan dekat panti untuk menunggu teman yang masih kumpul di kampus. Ternyata perjalanan dari kampus memakan waktu yang cukup lama, kamipun memutuskan untuk masuk ke panti duluan. Ternyata disana sudah ada Pak Ustad dan Kak Ali yang kuketahui dia adalah seniorku. Pertama memasuki ruangan itu aku kagum karena nampak rak-rak rapi bertahtakan vas-vas bunga dan boneka-boneka serta ada beberapa kerajinan gerabah yang kuduga itu adalah hasil kreasi para anak asuh. Gedung yang sederhana itu tapi tingkat itu nampak membuat ruangan terlihat rapi. Kekaguman masih berdecak ketika kulihat disebelah tangga ada beberapa kain batik yang dipajang serta busana muslim yang ada di Monne Quinn . Tak lama kemudia pengurus datang menyambut kedatangan kami dan mempersilakan masuk karena waktu sudah semakin sore tetapi teman-teman yang lain kok malah pada belum datang.
Kak Ani yang kukenal sudah datang dan dia sebagai MC acara tersebut. Acara pembukaan segera dimulai, serombongan yang kukira teman-teman kampus ternyata adalah sebuah keluarga dermawan yang memang sudah menjadi acara rutinan ke panti asuhan. Baru tak lama kemudian teman-teman kakak senior baru datang. Sambutan-sambutan berlangsung lancar mulai dari Kak Ali sebagai Ketua Panitia, Pak Hary selaku Dekan Fak. Ekonomi serta Mbak Tika selaku perwakilan keluarganya. Pengurus pantipun menyambut dengan hangat kehadiran kami. Dia menjelaskan bahwa jumlah anak yang diasuh di panti itu ada 30 anak. Semua yang diasuh disitu adalah anak-anak yang berkebutuhan khusus (ABK). Dalam dunia pendidikan lebih dikenal dengan difabel, ada yang tunagrahita, tunadaksa. Aku terharu dan hampir menangis mendengar cerita ibu-ibu pengurus panti.
Selepas acara sambutan dilanjutkan Mauidhoh Khasanah dari Pak Ustadz yang kuketahui beliau diajak Hingga waktu berbukapun tiba. Pak Ustad memimpin doa untuk buka bersama diikuti anak-anak panti dan semua yang ada disitu.. Panitia segera menghidangkan jenang sebagai menu pembuka dan nasi kardus untuk berbuka puasa. Melihat antusias anak panti yang begitu senang dan ceria membuatku menjadi semangat. Setelah makan selesai panitia membersihkan tempat tersebut lalu digunakan untuk sholat berjamaah maghrib. Tempat wudhu yang berada di belakang panti membuat aku sedikit berhati-hati untuk berjalan kesana dan antri dengan yang lain.Kulihat anak panti mempersiapkan mukena mereka bagi yang perempuan dan yang putra menyiapkan sajadah. Aku salut pada mereka di balik kekurangan mereka tetap berusaha didekatkan pada Sang Pencipta. Sambil menunggu jamaah yang lain kuajak anak panti berkenalan, Namanya Endah dengan jabat tangannya yang sangat kencang dan senyumnya yang khas membuat aku merasakan sebuah semangat yang tak dapat kutemui dimanapun. Aku mencoba untuk berkomunikasi dengan mereka.
Sholat berjamaah telah usai dilanjutkan ke acara penampilan dari anak-anak panti yang kuketahui mereka sedari tadi telah mempersiapkan hal itu dengan latihan yang kudengar tadi sore. Persembahan pertama mereka menampilkan sholawat yang diiringi dengan rebana yang mereka tabuh. Alunan yang beirama membuat kami larut dan ikut bersholawat bersama. Setelah itu dilanjutkan dengan Bandnya anak panti. Langsung saja aku menyuruh temanku untuk merekam pentas selanjutnya ini dan akupun terharu tak kuasa menahan tetes air mata yang segera kuusap lalu aku ikut bernyanyi

Ayah

Dimana….akan ku cari 
Aku menangis seorang diri
 Hatiku ingin slalu bertemu 
Untukmu aku bernyanyi 
Untuk ayah tercinta, aku ingin bernyanyi
 Walau air mata di pipiku…. 
Ayah dengarkanlah, aku ingin berjumpa
 Walau hanya dalam mimpi…..

Lihatlah… hari bergantiNamun tiada seindah dahulu 
Datanglah aku ingin bertemu 
Untukmu aku bernyanyi 
Untuk ayah tercinta, aku ingin bernyanyi 
Walau air mata di pipiku…. 
Ayah dengarkanlah, aku ingin berjumpa 
Walau hanya dalam mimpi…..
Datanglah aku ingin bertemu 
Untukmu aku bernyanyi 
Untuk ayah tercinta, aku ingin bernyanyi 
Walau air mata di pipiku…. 
Ayah dengarkanlah, aku ingin berjumpa
 Walau hanya dalam mimpi…..
Dilanjutkan lagu kedua yang dan aku masih bersenandung bersama semuanya yang ada disana 

  Surgamu
Segala yang ada dalam hidupku 
Kusadari semua milikMu 
Ku hanya hambaMu yang berlumur dosa

Tunjukkan aku jalan lurusMu
 Untuk menggapai SurgaMu 
Terangiku dalam setiap langkah hidupku
Karena KutahuHanya EngkauTuhanku

Allahu AkbarAllah Maha Besar
 Ku memujaMu di setiap waktu
Hanyalah padaMu Tempatku berteduh 
Memohon ridho dan ampunanMu
Tunjukkan aku jalan lurusMu 
Untuk menggapai SurgaMu 
Terangiku dalam setiap langkah hidupku
KarenaKutahuHanya EngkauTuhanku

Hanyalah kepadaMuTempatku berteduhMemohon ridho dan ampunanMu

BUKA BERSAMA DI PANTI ASUHAN BINA SIWI SENDANGSARI PAJANGAN  JILID 2015

Pada Hari Ahad 5 Juli 2015 seperti tahun lalu bersama kakak-kakak senior semester VI dan Bapak Dosen tercinta Bapak Dekeng Setyo Budi mengadakan acara buka bersama di Panti Asuhan Bina Siwi Sendangsari, Pajangan, Bantul. Aku berangkat dari rumah sekitar jam setengah 5 kurang karena jarak Pundong - Pajangan yang tak jauh membuat aku santai. Ternyata sampai di Bangjo Jodog Mb Fitsus sudah mengsms, memwa dan membbm aku, menanyakan sudah sampai mana. Segera ku percepat laju motorku hingga tiba di dekat Balai Desa Sendangsari kulihat Mb Fitsus telah menunggu di atas motornya. Segera kami menuju lokasi yang tidak jauh dari situ. Ternyata motor-motor sudah berjejer rapi di depan panti. Ku lihat kakak senior telah berdatangan juga. Mb Mia dari kejauhan melambaikan tangan saat turun dari mobil bersama suaminya yang seorang dosen di fakultas kami. Kedatangan kami disambut begitu ramah oleh anak-anak panti dan para pengurus panti. Kami berjabat tangan dengan mereka dan nampak mereka tersenyum ceria.
Acara pembukaan dimulai dengan penampilan hadroh dari anak-anak panti. Lantunan sholawat terdengar syahdu ketika salah seorang anak bersholawat. Kami pun juga ikur bersholawat mengikuti suasana sore itu. 4 Lantunan sholawat telah usai di lantunkan dilanjutkan dengan Mauidhoh Hasanah oleh Ustadz temannya Mas Ali kakak seniorku. Temanya tentang  menjadi pribadi yang lebih baik di bulan nan suci. Beliau juga memberi motivasi kepada anak-anak panti. Walau dengan kekurangan yang mereka miliki namun selalu ada kelebihan yang Allah berikan. Masyaaallah, Allahu Akbar
Detik-detik adzan maghrib , semua panitia mulai membagikan teh hangat untuk berbuka dilanjutkan dengan  nasi kotak yang ternyata kemarin baru membuka cabang di Bantul yang pengajuan izinnya aku yang mendaftar. Segera ku tanya si empunya usaha ternyata kakak senior ku yang bernama Redy. Ternyata ini cabang yang kedua karena pusatnya di Sleman dan cabang pertamanya di Pundong. 
Adzan berkumandang segera kita berdoa lalu berbuka puasa. Rasa syukur menerpa me 












Komentar

Postingan Populer