HASIL PENELITIAN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP DOSEN

HASIL PENELITIAN
KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP DOSEN

Disampaikan untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Statistika Ekonomi Lanjutan
Dosen Pengampu : Sri Widodo, S.E.

 
















Disusun Oleh:
1.      ErinaIndriani   (13133100109)
2.      Erna Rianasari ()
3.      FepyLailiHandayani (13133100009)
4.      SetiaziEfri ()
5.      Yulius Fajar Alvian Nugroho (1313100066)

PROGRAM STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
2014
BAB III
UJI VALIDITAS




3.1. TABEL VARIABEL CARA MENGAJAR DOSEN


NO
PERTANYAAN
SIGNIFIKAN
KETERANGAN

Sig. (2-tailed)

1
Dosen tidak membosankan ketika mengajar
0
Valid

2
Dosen mengajar tidak  hanya membaca sama dengan materi yang tertulis
0
Valid

3
Dosen sabar dalam mengajar sampai mahasiswa dapat memahami materi
0
Valid

4
Dosen rajin dalam meng-upload materi ke e-learning
0.024
Valid

5
Dosen menyampaikan materi mudah dipahami oleh mahasiswa
0
Valid

6
Dosen  menjelaskan kepada mahasiswa dengan rinci sehingga mahasiswa benar-benar mampu menyerap materi
0
Valid

7
Dosen tidak mengajar mahasiswa dalam suasana yang tegang
0
Valid

8
Dalam penyampaian materi, dosen tidak pernah membuat mahasiswa mengantuk
0
Valid

9
Dosen selalu energik dalam mengajar
0
Valid

10
Dosen bersikap sabar terhadap mahasiswa yang kurang pandai dalam menyerap materi
0
Valid

11
Dosen menegur mahasiswa yang tidak konsen saat perkuliahan
0.002
Valid

12
Dosen mengajar sesuai silabus
0.041
Valid

13
Dosen dapat menciptakan suasana belajar yang menarik
0
Valid

14
Dosen menguasai teknologi informasi dalam mengajar
0.155
Tidak Valid

15
Dosen mampu memberikan motivasi pada mahasiswa saat mengajar
0
Valid

16
Dosen sering menggunakan bahasa inggris dalam mengajar mahasiswa
0.013
Valid

17
Dosen menciptakan suasana yang nyaman bagi mahasiswanya
0
Valid

18
Dosen tidak berbelit-belit saat menyampaikan materi
0
Valid

19
Dosen menyampaikan materi selalu menggunakan power point
0.01
Valid

20
Dosen selalu memberikan waktu untuk bertanya kepada mahasiswa
0.002
Valid

21
Dosen selalu memberi materi tertulis (hand out) sebelum memulai materi
0.153
Tidak Valid

22
Dosen menggunakan surat elektronik (email) saat memberikan tugas
0.002
Valid

23
Dosen selalu memberikan study kasus dalam mengajar
0.008
Valid

24
Dosen selalu menyisipkan nilai-nilai moral di setiap pelajarannya
0
Valid

25
Dosen memberikan tugas tambahan untuk mahasiswa yang mendapatkan nilai jelek
0
Valid

26
Dosen memberikan kisi-kisi sebelum ujian
0
Valid

27
Dosen memberikan materi melalui diskusi
0
Valid


KETERANGAN

Hasil Output dari uji validitas yang dihasilkan dari SPSS tersebut menunjukkan bahwa masing-masing indikator terhadap total skor variabel cara mengajar terdapat 2 indikator yang tidak signifikan karena memiliki tingkat siginifikan lebih dari 5% yaitu untuk indikator A14 dan A21. Indikator yang lain menunjukkan bahwa masing-masing nilai signifikan kurang dari 5%. Jadi dapat disimpulkan bahwa masing-masing indikator pertanyaan tersebut adalah valid pada tinggkat signifikan 5%. Indikator dosen menguasai teknologi informasi dalam mengajar merupakan pertanyaan yang tidak valid. Pertanyaan dosen selalu memberi materi tertulis (hand out) sebelum memulai materi juga tidak valid karena memiliki nilai signifikan lebih dari 5%.



3.2 TABEL VARIABEL SISTEM PENILAIAN


NO
PERTANYAAN
SIGNIFIKAN
KETERANGAN

Sig. (2-tailed)

1
Dosen mudah dalam memberikan nilai
0
Valid

2
Dosen selalu mengabsen mahasiswa satu per satu
0
Valid

3
Dosen memberi penghargaan pada mahasiswa berprestasi
0
Valid

4
Dosen memberikan nilai mahasiswa secara obyektif
0
Valid

5
Dosen tidak mempersulit mahasiswa dalam memberikan nilai kepada mahasiswa yang kehadirannya kurang
0
Valid

6
Dosen tidak memberikan soal ujian yang sulit
0
Valid

7
Dosen memberikan nilai tambah kepada mahasiswa yang aktif
0
Valid

8
Dosen terbuka dalam memberikan komposisi penilaian
0
Valid


KETERANGAN

Hasil uji validitas dari masing-masing indikator terhadap total skor variabel sistem penilaian menunjukkan hasil signifikan kurang dari 5%. Jadi dapat disimpulkan bahwa masing-masing indikator pertanyaan dari variabel sistem penilaian adalah valid pada tingkat signifikan 5%.

3.3 TABEL VARIABEL PENAMPILAN DOSEN

NO
PERTANYAAN
SIGNIFIKAN
KETERANGAN

Sig. (2-tailed)

1
Dosen berpakaian rapi (tidak pernah menggunakan kaos)
0
Valid

2
Dosen selalu datang dengan wajah menyenangkan
0
Valid

3
Dosen berparas cantik/ganteng
0
Valid

4
Dosen menggunakan busana yang pantas di dalam kelas
0
Valid

5
Dosen berpenampilan sederhana
0
Valid


KETERANGAN :

Hasil uji validitas dari masing-masing indikator terhadap total skor variabel sistem penilaian menunjukkan hasil signifikan kurang dari 5%. Jadi dapat disimpulkan bahwa masing-masing indikator pertanyaan dari variabel sistem penilaian adalah valid pada tingkat signifikan 5%


3.4  TABEL VARIABEL LATAR BELAKANG PENDIDIKAN


NO
PERTANYAAN
SIGNIFIKAN
KETERANGAN

Sig. (2-tailed)

1
Dosen memiliki latar belakang pendidikan S2
0
Valid

2
Dosen berlatarbelakang pendidikan yang sesuai dengan mata kuliah yang diajarkan
0
Valid

3
Dosen lulusan dari universitas terkemuka di Indonesia
0
Valid

KETERANGAN :

Hasil uji validitas dari masing-masing indikator terhadap total skor variabel sistem penilaian menunjukkan hasil signifikan kurang dari 5%. Jadi dapat disimpulkan bahwa masing-masing indikator pertanyaan dari variabel sistem penilaian adalah valid pada tingkat signifikan 5%.


3.5 TABEL VARIABEL PROFESIONAL
NO
PERTANYAAN
SIGNIFIKAN
KETERANGAN


Sig. (2-tailed)

1
Dosen selalu tepat waktu dalam mengajar sesuai jadwal yang ditentukan Universitas
0
Valid

2
Dosen mudah untuk ditemui diluar jam perkuliahan
0.018
Valid

3
Dosen tidak menceritakan urusan pribadi disaat perkuliahan
0.017
Valid

4
Dosen menyampaikan materi sesuai dengan inti permasalahan
0
Valid

5
Dosen memberi hukuman terhadap kesalahan mahasiswa
0
Valid

6
Dosen tidak pernah curhat saat mengajar
0.032
Valid

7
Dosen mau menyediakan waktu khusus untuk bimbingan diluar jam perkuliahan
0.025
Valid

8
Dosen menguasai materi yang diampunya
0.001
Valid

9
Dosen menginformasikan terlebih dahulu saat tidak ada perkuliahan
0.002
Valid

10
Dosen selalu memberikan hasil ujian kepada mahasiswa
0.002
Valid

11
Dosen berkenan menjawab pertanyaan mahasiswa di luar jam pelajaran
0.001
Valid

12
Dosen tidak membeda-bedakan mahasiswanya di tiap kelas
0.095
Tidak Valid

13
Dosen tidak pernah kosong dalam mengisi mata kuliah
0.002
Valid

14
Dosen datang tepat waktu
0
Valid

15
Dosen selalu mengakhiri perkuliahan sesuai jam yang telah ditentukan
0.006
Valid


KETERANGAN:

Hasil Output dari uji validitas yang dihasilkan dari SPSS tersebut menunjukkan bahwa masing-masing indikator terhadap total skor variabel cara mengajar terdapat 1 indikator yang tidak signifikan karena memiliki tingkat siginifikan > 5% yaitu untuk indikator E12. Jadi dapat disimpulkan bahwa masing-masing indikator pertanyaan tersebut adalah valid pada tinggkat signifikan 5%. Indikator profesional dosen tidak membeda-bedakan mahasiswanya di tiap kelas merupakan pertanyaan yang tidak valid karena memiliki nilai signifikan >5%.



3.6 TABEL VARIABEL SIKAP DOSEN

NO
PERTANYAAN
SIGNIFIKAN
KETERANGAN

Sig. (2-tailed)

1
Dosen mengajar tidak sambil menggunakan HP di dalam kelas
0
Valid

2
Dosen mengajar dengan humoris
0
Valid

3
Dosen tidak mudah tersinggung
0
Valid

4
Dosen selalu menyapa mahasiswa dimana saja
0
Valid

5
Dosen selalu bersikap ramah kepada mahasiswa
0
Valid

6
Dosen mengapresiasi setiap usulan mahasiswa
0
Valid

7
Dosen suka berbaur dengan mahasiswa
0
Valid

8
Dosen selalu menggunakan bahasa yang sopan saat perkuliahan
0.022
Valid

9
Dosen memberikan contoh yang berperilaku baik
0
Valid

10
Dosen tidak pernah mengantuk di kelas
0.399
Tidak Valid

11
Dosen mampu memahami karakter mahasiswa
0
Valid

12
Dosen menerima pengaduan keluhan dari mahasiswa
0
Valid

13
Dosen tidak pernah bersikap kaku terhadap mahasiswa
0
Valid

14
Dosen tidak pernah ingin menang sendiri
0
Valid

15
Dosen tidak pernah bersikap atau berkata-kata kasar
0.004
Valid

16
Dosen tidak pernah mengeluh "capek" saat mengajar karena telah mengajar dari pagi
0
Valid


KETERANGAN

Hasil Output dari uji validitas yang dihasilkan dari SPSS tersebut menunjukkan bahwa masing-masing indikator terhadap total skor variabel cara mengajar terdapat 1 indikator yang tidak signifikan karena memiliki tingkat siginifikan > 5% yaitu untuk indikator F10. Indikator yang lain menunjukkan bahwa masing-masing nilai signifikan <5%. Jadi dapat disimpulkan bahwa masing-masing indikator pertanyaan tersebut adalah valid pada tinggkat signifikan 5%. Indikator dosen tidak pernah mengantuk di kelas merupakan pertanyaan yang tidak valid.

3.7. TABEL VARIABEL TOLERANSI DOSEN TERHADAP MAHASISWA
NO
PERTANYAAN
SIGNIFIKAN
KETERANGAN

Sig. (2-tailed)

1
Dosen memberikan toleransi waktu keterlambatan bagi mahasiswa
0.001
Valid

2
Dosen selalu memberikan perhatian khusus terhadap mahasiswa yang kurang memahami materi
0
Valid

3
Dosen tidak pernah marah saat mengajar apabila ada yang membuat gaduh sendiri
0.115
Tidak Valid

4
Dosen tidak memberikan peraturan yang memberatkan mahasiswanya
0.008
Valid

5
Dosen memberikan toleransi kepada mahasiswa yang terlambat mengumpulkan tugas
0
Valid

6
Dosen memberikan toleransi kepada mahasiswa untuk masuk kelas walaupun mahasiswa datang terlambat lebih dari 15 menit
0.001
Valid


Hasil Output dari uji validitas yang dihasilkan dari SPSS tersebut menunjukkan bahwa masing-masing indikator terhadap total skor variabel cara mengajar terdapat 1 indikator yang tidak signifikan karena memiliki tingkat siginifikan lebih dari 5% yaitu untuk indikator G3. Indikator yang lain menunjukkan bahwa masing-masing nilai signifikan kurang dari 5%. Jadi dapat disimpulkan bahwa masing-masing indikator pertanyaan tersebut adalah valid pada tinggkat signifikan 5%. Indikator dosen tidak pernah marah saat mengajar apabila ada yang membuat gaduh sendiri merupakan pertanyaan yang tidak valid.

H. KEPUASAN MAHASISWA
NO
PERTANYAAN
SIGNIFIKAN
KETERANGAN

Sig. (2-tailed)

1
Saya puas dengan cara mengajar dosen yang menyenangkan
0
Valid

2
Saya puas dengan sistem penilaian dosen yang obyektif
0
Valid

3
Saya puas dengan penampilan dosen yang rapi saat mengajar
0
Valid

4
Saya puas dengan latar belakang pendidikan dosen yang sesuai dengan mata kuliah yang beliau ajarkan
0
Valid

5
Saya puas dengan penjelasan dosen saat mengajar yang mudah untuk dipahami
0
Valid

6
Saya puas dengan sikap dosen yang tidak mudah tersinggung
0
Valid

7
Saya puas dengan sikap dosen yang memberikan toleransi kepada mahasiswa saat terlambat
0
Valid

8
Saya puas dengan dosen yang memberikan materi terlebih dahulu sebelum mengajar
0.001
Valid

9
Saya puas dengan dosen yang rajin mengupload materi di e-learning
0.002
Valid

10
Saya puas dengan sikap dosen yang ramah dengan mahasiswa
0
Valid

11
Saya puas dengan dosen yang selalu datang tepat waktu
0.002
Valid

12
Saya puas dengan dosen yang memahami karakter mahasiswa
0
Valid

13
Saya puas dengan dosen yang menguasai teknologi informasi
0.001
Valid

14
Saya puas dengan dosen yang menghargai prestasi mahasiswa
0
Valid

15
Saya puas dengan dosen yang berkenan menjawab pertanyaan di luar jam perkuliahan
0
Valid

16
Saya puas dengan dosen yang tidak membeda-bedakan mahasiswanya
0
Valid

17
Saya puas dengan dosen yang mengajar sesuai dengan silabus
0
Valid

18
Saya puas dengan dosen yang mampu memberikan motivasi kepada mahasiswa
0
Valid

19
Saya puas dengan penampilan dosen yang sederhana
0
Valid

20
Saya puas dengan dosen yang mudah ditemui
0
Valid


KETERANGAN:

Hasil uji validitas dari masing-masing indikator terhadap total skor variabel sistem penilaian menunjukkan hasil signifikan <5%. Jadi Jadi dapat disimpulkan bahwa masing-masing indikator pertanyaan dari variabel sistem penilaian adalah valid pada tingkat signifikan 5%






BAB V
 UJI REABILITAS


TABEL UJI REALIBILITY
No.
VARIABEL
Cronbach's Alpha
Keterangan

1
Cara Mengajar Dosen
0.897
Reliable

2
Sistem Penilaian
0.783
Reliable

3
Penampilan Dosen
0.736
Reliable

4
Latar belakang Pendidikan
0.686
Reliable

5
Profesional
0.682
Reliable

6
Sikap Dosen
0.892
Reliable

7
Toleransi Dosen Terhadap Mahasiswa
0.243
Tidak Reliable

8
Kepuasan Mahasiswa
0.906
Reliable


KESIMPULAN
1.    Indikator dari variabel cara mengajar menghasilkan Cronbach's Alpha 89,7 %, yang menurut kriteria Nunnally dapat disimpulkan bahwa indikator tersebut cukup reliable karena memiliki nilai Cronbach's Alpha > 60 %.
2.    Indikator dari variabel Sistem Penilaian menghasilkan Cronbach's Alpha 78,3 %, yang menurut kriteria Nunnally dapat disimpulkan bahwa indikator tersebut cukup reliable karena memiliki nilai Cronbach's Alpha > 60 %.
3.    Indikator dari variabel Penampilan Dosen menghasilkan Cronbach's Alpha 73,6%, yang menurut kriteria Nunnally dapat disimpulkan bahwa indikator tersebut cukup reliable karena memiliki nilai Cronbach's Alpha > 60 %.
4.    Indikator dari variabel Latar belakang Pendidikan menghasilkan Cronbach's Alpha 68,6 %, yang menurut kriteria Nunnally dapat disimpulkan bahwa indikator tersebut cukup reliable karena memiliki nilai Cronbach's Alpha > 60 %.
5.    Indikator dari variabel Profesional menghasilkan Cronbach's Alpha 68,2 %, yang menurut kriteria Nunnally dapat disimpulkan bahwa indikator tersebut cukup reliable karena memiliki nilai Cronbach's Alpha > 60 %.
6.    Indikator dari variabel Sikap Dosen menghasilkan Cronbach's Alpha 89,2%, yang menurut kriteria Nunnally dapat disimpulkan bahwa indikator tersebut cukup reliable karena memiliki nilai Cronbach's Alpha > 60 %.
7.    Indikator dari variabel Toleransi Dosen Terhadap Mahasiswa menghasilkan Cronbach's Alpha 24,3%, yang menurut kriteria Nunnally dapat disimpulkan bahwa indikator tersebut tidak reliable karena memiliki nilai Cronbach's Alpha < 60 %
8.    Indikator dari variabel Kepuasan Mahasiswa menghasilkan Cronbach's Alpha 90,6 %, yang menurut kriteria Nunnally dapat disimpulkan bahwa indikator tersebut cukup reliable karena memiliki nilai Cronbach's Alpha > 60 %




BAB VI
UJI HIPOTESA


6.1 Model Summary Table
Model
R
R Square
Adjusted R Square
Std. Error of the Estimate
Change Statistics
R Square Change
F Change
df1
df2
Sig. F Change
1
.791a
.626
.565
6.109
.626
10.288
7
43
.000

6.2 Coefficientsa  Table 
Model
Unstandardized Coefficients
Standardized Coefficients
t
Sig.
95% Confidence Interval for B
B
Std. Error
Beta
Lower Bound
Upper Bound
1
(Constant)
15.139
9.963

1.519
.136
-4.954
35.231
CARA MENGAJAR
.551
.133
.688
4.141
.000
.283
.820
SISTEM PENILAIAN
.132
.285
.063
.463
.646
-.443
.708
PENAMPILAN
-.143
.479
-.043
-.298
.767
-1.109
.823
LATAR BELAKANG PENDIDIKAN
1.028
.628
.178
1.636
.109
-.239
2.295
PROFESIONAL
-.291
.235
-.145
-1.236
.223
-.765
.184
SIKAP
.162
.177
.138
.914
.366
-.195
.519
TOLERANSI TERHADAPMAHASISWA
.069
.138
.049
.502
.618
-.209
.347
Dependent Variable: KEPUASANMAHASISWA












PERSAMAAN REGRESI
y= 15,139+0,551 x1+0,132 x2-0,143 x3+1,028 x4-0,291 x5+0,162 x6+0,069 x7
Keterangan :
X1 : Cara Mengajar
X2: Sistem Penilaian
X3:  Penampilan
X4: Latar Belakang Pendidikan
X5: Profesional
X6: Sikap
X7: Toleransi Terhadap Mahasiswa


Dari data di atas dapat diambil kesimpulan
HIPOTESIS
NILAI SIG
PERNYATAAN
KETERANGAN
Cara Mengajar Dosen
0,000
0,000<0,05
Cara mengajar dosen berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa karena nilai sig < 0,05
Sistem Penilaian
0,646
0,646>0,05
Sistem peniliaian dosen tidak berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa karena nilai sig > 0,05
Penampilan
0,767
0,767>0,05
Penampilan dosen tidak berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa karena nilai sig > 0,05
Latar Belakang Pendidikan
0,109
0,109>0.05
Latar Belakang Pendidikan dosen tidak berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa karena nilai sig > 0,05
Profesional
0,223
0,223>0.05
Profesional dosen tidak berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa karena nilai sig > 0,05
Sikap
0,366
0,366>0,05
Sikap dosen tidak berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa karena nilai sig > 0,05
Toleransi Terhadap Mahasiswa
0,618
0,618>0,05
Toleransi Terhadap Mahasiswa dosen tidak berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa karena nilai sig > 0,05





Komentar

Postingan Populer