JOGJAKU GEMAH RIPAH NAN ISTIMEWA


 Sumber Foto: Twitter PLN

Jogja itu istimewa. Istimewa orangnya istimewa  tempatnya. Pasti sudah tidak asing dengan penggalan lagu tersebut. Eitt, tetapi ini bukan mau membahas tentang lagu itu lhoo. Penulis akan membahas salah satu orang dan tempat istimewa di Jogja.
Salah satu orang istimewa itu adalah Bapak Bambang Suwerda (Dosen Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan di Yogyakarta). Beliau mendirikan tempat istimewa yaitu  Bank Sampah Gemah Ripah tepatnya di Badegan, Bantul. Gemah Ripah merupakan singkatan dari Gerakan Memilih dan Mengubah Sampah. Penggalan dari filosofi Jawa “Gemah Ripah Loh Jinawi” kekayan hasil bumi yang berlimpah yang akan membawa negri ini menjadi subur, makmur, dan sentosa.
Konsep Bank Sampah Gemah Ripah Berjalan layaknya bank konvensional. Nasabah merupakan seseorang yang mengumpulkan sampah di rumah lalu diserahkan kepada teller di bank sampah. Setiap nasabah yang menabung akan diberi buku tabungan. Buku tabungan akan diberikan kepada nasabah apabila nasabah telah menabung sampah sudah mencapai Rp5.000. Nasabah di bank ini terdiri dari berbagai kalangan. Mulai dari perorangan hingga kelompok organisasi telah terdaftar di bank sampah.
          Penulis sudah menjadi salah satu nasabah di Bank Sampah Gemah Ripah lhoo. Biasanya penulis menabung sampah plastik atau kresek. Alasan menabung sampah itu karena yang paling sering didapat sehingga mudah menumpuk kalau di rumah. Daripada dibakar lebih baik ditabung saja agar tidak menyebabkan polusi udara.
Bank Sampah Gemah Ripah berhasil mengubah sampah menjadi  barang yang bernilai tinggi. Upaya yang dilakukan adalah bekerjasama dengan pengrajin. Nasabah dapat membeli langsung hasil kerajinan tersebut atau menukarnya dengan uang yang ada di tabungan. Selain itu Bank Sampah Gemah Ripah dapat mengubah pemulung menjadi pengepul.
Menjadi Jogja Menjadi Indonesia merupakan kalimat yang tepat untuk mengunakan keberhasilan Bank Sampah Gemah Ripah. Saat ini banyak daerah di Indonesia yang belajar ke Jogja dan mengikuti konsep Bank Sampah Gemah Ripah. Bank ini juga menjadi tempat penelitian bagi mahasiswa di Jogja.
Jogja pasti bangga karena mempunyai pelopor pendiri bank sampah pertama di Indonesia. Banyak ilmu yang akan kita dapat jika berkunjung kesini. Mulai dari pemisahan sampah hingga pengolahan sampah. Jangan lupa ya pilah sampah lalu kita tabung di Bank Sampah Gemah Ripah. Semoga berkah!

Komentar

Postingan Populer