Cara Merawat Kucing Anggora, Persia dengan Benar

Cara Perawatan Kucing Anggora, Pesia dengan MudahPada dasarnya merawat dan memelihara binatang ialah hal yang mudah. Namun, tidak mudah yang Anda kira. Dalam melakukan pemeliharaan hewan jenis kucing, kita juga perlu memperhatikan step by step.

Anda mempunyai kucing anggora yang memiliki bulu yang sangat lebat, tetapi tidak pernah dimandikan dan diberi perawatan khusus itu sama saja Anda membiarkan peliharaan kesayangan Anda terkena penyakit.

Yang pertama, sebaiknya Anda perhatikan bagaimana lingkungan atau tempat tinggal kucing tersebut, apakah bersih atau kumuh?

Nah, tidak usah berlama-lama, dalam artikel ini saya akan membahas tentang cara perawatan dan pemeliharaan jenis-jenis kucing yang dipelihara di Indonesia, beberapa contoh kucing yang banyak disukai dan diminati oleh banyak orang adalah kucing persia medium, kucing anggora, kucing distemper, bahkan kucing kampung.
fepylh.blogspot.com


Perlengkapan yang Baik Untuk Memelihara Kucing Anggora

  1. Kandang, kandang ini merupakan tempat tinggal bagi kucing kita, dan dalam pemilihan kandang. Pastikan bahwa kandang yang Anda pilih tersebut sesuai dengan kapasitas kucingnya, tidak harus memiliki kandang yang mahal. Lebih bagus jika kandangnya membuat kucing lebih nyaman dan merasa aman.
  2. Tempat Makan, yaitu tempat untuk menyediakan makanan bagi kucing anggora. Jika anda ingin lebih hemat bisa membuat sendiri atau menyediakan dengan lepek saja tanpa membeli di petshop.
  3. Tempat Minum dan Kotak Pasir dan Pasir Khusus Kucing
  4. Ayakan, yaitu campuran yang berfungsi untuk memisahkan kotoran kucing dan pasir.

Perawatan dan Pemeliharaan Kucing Anggora yang Baik


Dalam melakukan perawatan, kita harus pintar dalam memilih. memberikan makanan kepada kucing dengan makanan yang membantu kucing tumbuh sehat tidak memberi makan sembarangan.

Banyak produk makanan khusus kucing yang diproduksi dengan tambahan vitamin bagi kucing yang dijual diberbagai petshop.


Cara Menyimpan Makanan Kucing Anggora dengan Baik


Dalam penyimpanan makanan atau pakan agar lebih awet dan mempertahankan kualitasnya sebaiknya disimpan dalam tempat yang kering, bersih dan tertutup.

Tidak hanya itu, dalam penyimpanan sebaiknya hindarkan dari sinar matahari langsung,atau bisa Anda simpan didalam kulkas.

Tips Perawatan Kucing Persia Medium dengan Mudah



  • Makanan yang diberikan adalah pakan khusus kucing yang sudah direkomendasikan mempunyai gizi lengkap sehingga kondisi kesehatannya terjamin.
  • Takaran pemberian makanan disesuaikan kebutuhan kucing diusahakan sekali makan akan habis sehingga pakan yang diberikan selalu berganti (kondisinya dalam keadaan baru).
  • Hindari obesitas (kegemukan) dengan cara takaran makan pas dengan kebutuhannya.
  • Pilih makanan kering karena praktis dan butiran butiran keringnya membantu membersihkan gigi kucing
  • Jika kucing sudah terbiasa mengkonsumsi makanan basah, usahakan 1 x pemberian pakan pas takaran dan sisa yang masih ada di kaleng disimpan di lemari es dan saat memberikan makan lagi dihangatkan atau dikeluarkan sebentar dari lemari es sehingga makanan kembali seperti kondisi semula.
  • Tempat pakan kucing harus selalu bersih, sisa makanan (terutama basah) langsung dibuang dan berikan makanan pada jam-jam tertentu untuk membiasakan kucing mengetahui jadwal makannya dan apabila kucing tidak ditempatkan didalam kandang berikan makan di sudut/tempat tertentu (jangan dipindah-pindah) untuk membiasakan kucing mengetahui secara otomatis tempat makanannya diletakkan.
  • Sediakan cukup air minum (air masak/aqua) dikandang atau ditempat lainnya (bisa di dekat tempat makannya), meskipun kucing sedikit minum akan tetapi tetap memerlukan persediaan minum.
  • Berikan tempat tidur yang nyaman, apabila memungkinkan yang terbuat dari rotan (bahan luarnya) sehingga dapat digunakan untuk mengasah kuku (untuk menghindari menggaruk sofa atau perabotan rumah tangga lainnya)
  •  
  • Kotak kotoran harus di isi cat litter (pasir kucing) yang banyak dijual di pet shop/super market gunakan yang mempunyai daya serap tinggi sehingga dapat menyerap kencing dengan cepat. Segera buang kotoran kucing (BAB) sesegera mungkin dan ganti pasir kucing yang sudah berisi kencing 2 x sehari (pagi, sore).
  • Mandikan kucing paling sedikit 3 x dalam 1 bulan atau dapat juga 1 minggu sekali dengan menggunakan shampoo kucing yang ber Ph rendah dan lakukanlah penyisiran bulu setiap hari agar bulu yang rontok tidak akan terjilat yang menyebabkan kucing akan muntah karena tertelan bulu atau jika tidak bulu-bulu kucing yang tertelan akan mengganggu sistem pencernaannya.
  • Lakukan vaksinasi sesuai umur dan kebutuhan juga periksakan kesehatan kucing secara rutin ke dokter hewan terdekat.
  • Segera periksakan ke dokter hewan apabila kucing memperlihatkan tanda-tanda awal terserang sakit, seperti : tidak mempunyai nafsu makan/nafsu.

Biaya Perawatan Kucing Anggora dan Persia Medium

Berikut perkiraan biaya perawatan seekor kucing secara umum. Biaya bisa bervariasi tergantung pada lokasi, besar/kecil kucing, usia, dan kesehatan masing-masing kucing.

Makanan berkualitas

Rata-rata Rp. 150.000 – Rp.250.000 per bulan, bisa lebih mahal jika memilih jenis makanan super premium atau raw food.

Litter box

Harga kotak pasir bervariasi, mulai dari Rp. 50.000 – Rp.100.000 (jika memilih yang mahal, bisa sampai jutaan. Harga pasir juga bervariasi, mulai dari Rp. 50.000 – Rp.200.000/ bulan

Steril/ Kastrasi 
Steril subsidi Rp. 150.000, hingga Rp.1.000.000 (jika steril mandiri dan rawat inap). 

Biaya ini menjadi wajib jika cat lovers tak ingin kucingnya berkembang biak tak terkendali yang nantinya justru makin membebani keuangan.

Vaksinasi
Vaksinasi dilakukan rutin, biaya tergantung jenis vaksin. Biaya antara Rp. 200.000 – Rp.300.000

Grooming

Perawatan kucing meliputi pembelian shampoo khusus, sisir kucing, dan bermacam peralatan lainnya. Biaya Rp. 100.000 – Rp. 250.000

Jika grooming dilakukan di salon, biayanya bisa lebih mahal lagi karena harus dilakukan secara rutin, minimal sebulan sekali. Biaya Rp. 50.000 – Rp. 100.000

Kunjungan ke Vet

Biaya tergantung lokasi dan obat/makanan yang diresepkan. Rata-rata Rp.200.000 – Rp. 500.000

Biaya sakit tak terduga

Saat kucing sakit cat lovers harus mengeluarkan uang lebih banyak lagi. Biaya tergantung dari jenis penyakit kucing dan seberapa parah sakit. Rata-rata biaya antara Rp. 500.000 – hingga jutaan

Komentar

  1. @bopelnews
    Bopelnews Menyediakan Berita Seputar Sepak Bola Terlengkap Dan Terupdate

    Yuk baca sekarang juga berita- berita hangat seputar sepak bola dunia

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer