RAHASIA KEKUATAN PIKIRAN BAWAH SADAR


Tempat Penyimpanan
Harta Di Dalam Diri Kita

Kekayaan yang tak ada batasnya ada di sekitar Anda kalau Anda mau membuka mata hati dan meyaksikan tempat penyimpan harta yang tak terabatas di dalam diri Anda. Ada suatu tambang emas di dalam diri Anda yang dapat memberikan apa saja kebutuhan Anda untuk hidup mulia, penuh suka cita, dan berkelimpahan.
            Banyak orang tertidur lelap karena mereka tidak tahu adanya tambang emas pengetahuan tersembunyi dan cinta yang tanpa batas dalam diri mereka. Apa saja yang kita inginkan dapat kita peroleh dari tambang ini. Sepotong besi baja yang bermagnet akan mampu mengangkat barang seberat dua belas kali bobot baja itu, dan kalau kemagnetannya dihilangkan, baja itu tak akan dapat mengangkat selembar bulu pun. Demikian juga, ada dua tipe orang. Ada orang bermagnet yang penuh keyakinan dan kepercayaan. Ia tahu bahwa dilahirkan untuk menang dan untuk berhasil. Lalu, ada tipe orang yang tidak bermagnet. Ia penuh ketakutan dan kebimbangan. Kesempatan datang dan ia berkata, “Mungkin aku akan gagal: aku akan kehilangan uangku; aku akan ditertawakan orang. Orang seperti ini tidak akan maju dalam hidupnya, karena, ia takut bergerak maju, ia akan mandek di tempatnya. Maka, jadilah orang bermagnet dan temukanlah rahasia besar segala zaman.




§  Rahasia besar segala zaman

Menurut pendapat Anda, apakah rahasia besar segala zaman itu? Rahasia energi atom? Energi termonuklir? Bom neutron? Perjalanan antarplanet? Bukan-bukan itu semua. Di mana kita dapat menemukannya? Dan bagaimana rahasia itu dapat disentuh dan diaktifkan? Jawaban semua pertanyaan ini sangat sederhana. Rahasia ini adalah kekuatan mengagumkan yang dapat membuat keajaiban dalam pikiran bawah sadar kita, tempat paling tak terduga bagi yang mencarinya.

§  Kekuatan mengagumkan dalam pikiran bawah sadar

Anda dapat memperoleh dalam hidup ini kekuatan lebih besar, kekayaan lebih banyak, kesehatan lebih baik, kebahagiaan lebih tinggi, dan sukacita lebih besar karena belajar menyentuh dan melepaskan kekuatan rahasia pikiran bawah sadar Anda.
            Anda tidak perlu mencari kekuatan ini; Anda telah memilikinya. Tetapi, Anda akan belajar bagaimana menggunakannya; Anda ingin mengerti sehingga Anda dapat menerapkannya dalam segala bagian kehidupan Anda.
            Sementara Anda mengikuti teknik-teknik dan proses-proses sederhana yang dipaparkan dalam buku ini, Anda dapat memperoleh pengetahuan dan pemahaman yang diperlukan. Anda dapat diilhami suatu kekuatan baru yang memungkinkan Anda menyadari harapan Anda dan membuat semua impian Anda menjadi kenyataan. Putuskanlah sekarang untuk menjadikan hidup Anda lebih agung, lebih besar, lebih kaya, dan lebih mulia dariapada sebelumnya.
            Dalam pikiran bawah sadar Anda terletak kebijaksanaan tak terbatas, kekuatan tak terbatas, dan persediaan tak terbatas dari segala kebutuhan Anda, yang menungggu dikembangkan dan diungkapnya. Mulailah sekarang mengenali segala potensi dalam pikiran Anda yang lebih dalam, dan potensi itu akan mengambil bentuk dalam dunia nyata.
            Intelegensia yang taka ada batasnya dalam pikiran bawah sadar ini dapat mengungkapkan segala sesuatu yang perlu Anda ketahui pada setiap waktu dan ruang asalkan Anda bersikap terbuka dan mau menerimanya. Anda dapat menerima buah pikiran dan ide-ide baru yang memungkinkan Anda melahirkan ciptaan baru, penemuan baru, dan menulis buku serta lakon film. Lebih dari itu, intelegensia yang tak terbatas di dalam pikiran bawah sadar Anda dapat memberikan kepada Anda aneka macam pengetahuan orisinil yang mengagumkan. Akan tercipta bagi Anda jalan untuk mengungkapkan diri secara sempurna dan untuk sampai pada tempat yang seharusnya dalam kehidupan Anda.
            Melalui kebijaksanaan pikiran bawah sadar Anda, Anda dapat menemukan perusahaan ideal, atau teman, atau mitra bisnis yang tepat. Pikiran bawah sadar itu akan menemukan pembeli yang tepat bagi Anda, dan memberikan kepada Anda uang untk segala kebutuhan Anda, dan kebebasan keuangan untuk Anda, berbuat dan pergi sesuka Anda.
            Adalah hak Anda menemukan dunia pikiran bawah sadar yang berupa buah pikiran, perasaan, kekuatan, terang, cinta, dan kecantikan. Walaupun tidak dapat dilihat, pikiran bawah sadar, Anda akan menemukan pemecahan dari setiap masalah dan sebab dari setiap akibat. Karena mampu menarik kekuatan rahasia itu, Anda benar-benat memiliki kekuatan dan kebijaksanaan yang penting untuk bergerak maju dalam keberlimpahan, keamanan, sukacita, dan kekuasaan.
            Saya sudah menyaksikan bagaimana kekuatan pikiran bawah sadar ini mengangkat orang dari keadaan lumpuh ke keadaan utuh, hidup, dan kuat lagi, serta bebas memasuki dunia untuk mengalami kebahagiaan, kesehatan, dan pengungkapan diri penuh sukacita. Di dalam pikiran bawah sadar kita terdapat kekuatan menyembuhkan yang dapat menenangkan pikiran yang kacau dan hati yang hancur. Kekuatan ini dapat membuka pintu penjara pikiran kita dan membebaskan kita. Kekuatan ini dapat melepaskan kita dari segala macam kungkungan material dan fisik.

§  Pentignya suatu basis kerja

Kemajuan yang cukup besar di bidang usaha apa pun tidak mungkin terjadi tanpa suatu basis kerja yang umum dalam penerapannya. Anda dapat menjadi ahli dalam bekerjanya pikiran bawah sadar Anda. Anda dapat menggunakan kekuatannya dengan kepastian hasil sebanding dengan pengetahuan Anda mengenai prinsip-prinsipnya dan dengan penerapan pengetahuan itu bagi tujuan dan maksud tertentu yang Anda kehendaki.
            Penggabungan dua atom hydrogen dan satu atom oksigen akan menghasilkan air. Saya katakan ini karena dulu saya seorang ahli kimia. Anda tentu sudah tahu bahwa satu atom oksigen dan satu atom karbon akan mengahsilkan karbonmonoksida, suatu gas yang beracun. Tetapi kalau satu atom oksigen lagi ditambahkan, akan diperoleh karbondioksida, suatu gas yang tak berbahaya, dan demikian seterusnya dalam dunia senyawa kimia.
            Jangan beranggapan bahwa prinsip kimia, fisika, dan matematika berbeda dengan prinsip pikiran bawah sadar. Marilah kita pikirkan suatu hukum yang sudah diterima umum: “Air mencari tingkat ketinggiannya sendiri.” Ini hukum umum yang dapat diterapkan pada air di mana pun di dunia.
            Prinsip lain: “Suatu zat memuai bila dipanasi.” Ini berlaku di mana saja, kapan saja, dan dalam keadaan apa saja. Panasilah sepotong baja, dan baja itu akan memuai, entah hal itu dilakukan di Cina, di Inggrsi, atau di India. Adalah suatu kebenaran umum bahwa benda memuai bila dipanasi. Adalah juga suatu kebenaran umum bahwa apa pun yang kita tanamkan pada pikiran bawah sadar kita diungkapkan pada layar ruang sebagai keadaan, pengalaman, dan peristiwa.
Doa Anda dijawab sebab pikiran bawah sadar kita adalah sebuah prinsip, prinsip yang saya maksudkan ialah cara bekerjanya sesuatu. Misalnya, prinsip listrik adalah mengalir dari sumber yang berpotensi lebih tinggi ke yang lebih rendah. Kita tidak mengubah prinsip listrik bila kita menggunakannya, tetapi dengan bekerja sama dengan alam kita dapat menghasilkan penciptaan dan penemuan mengagumkan yang bermanfaat bagi umat manusia.
Pikiran bawah sadar kita adalah sebuah prinsip yang bekerja menurut hukum kepercayaan. Kita harus tahu kepercayaan itu apa, mengapa kepercayaan bekerja, dan bagaimana bekerjanya. Alkitab mengatakannya dengan bahasa sederhana yang indah dan jelas: Sesungguhnya barangsiapa berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! Adal tidak bimbang hatinya, tetapi percaya, bahwa apa yang dikatakannya itu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi baginya. Markus 11:23
Hukum pikiran kita adalah hukum kepercayaan. Ini berarti percaya pada cara bekerjanya pikiran kita, percaya pada kepercayaan itu sendiri. Kepercayaan pikiran kita adalah buah pikiran dalam pikiran kita-yang sederhana-hanya itu dan lainnya tidak.
Semua pengalaman, peristiwa, keadaan, dan tindakan adalah reaksi dari pikiran bawah sadar kita terhadap buah pikiran kita. Ingatlah, yang mendatangkan hasil bukanlah apa yang kita percayai, melainkan kepercayaan kita pada pikiran kita sendiri. Berhentilah percaya pada kepercayaan dan pendapat palsu, takhayul, dan ketakutan umat manusia. Mulailah percaya pada kenyataan abadi dan kebenaran hidup yang tidak pernah berubah. Lalu, Anda akan bergerak maju, naik, dan menuju Tuhan.
Siapapun yang membaca buku ini dan menerapkan prisnip-prinsip pikiran bawah sadar yang dipaparkan di dalamnya, akan mampu berdoa secara ilmiah dan efektif bagi diri sendiri dan orang lain. Doa kita dijawab menurut hukum semesta aksi dan reaksi. Buah pikiran adalah tindakan permulaan. Reaksinya adalah jawaban dari pikiran bawah sadar kita yang sejalan dengan hakikat buah pikiran kita. Sibukkanlah pikiran Anda dengan pemikiran tentang keserasian, kesehatan, kedamaian, dan kemauan baik, dan keajaiban akan terjadi dalam hidup Anda.

§  Menduanya pikiran

Kita hanya memiliki satu pikiran, tetapi pikiran kita memilki dua ciri yang berbeda. Garis pembatas antara keduanya tidaklah asing bagi pria dan wanita yang berpikir dewasa ini. Kedua fungsi pikiran kita itu pada intinya tidak sama. Masing-masing memiliki sidat dan kekuatan yang terpisah dan berbeda. Kata-kata yang pada umumnya digunakan untuk membedakan kedua fungsi pikiran itu adalah seperti berikut: Pikiran objektif dan subjektif, pikiran sadar dan pikiran bawah sadar, pikiran selagi jaga dan selagi tidur, diri yang di permukaan dan yang di dalam, pikiran sengaja dan tak sengaja, laki-laki dan perempuan, dan banyak istilah lain. Pembaca akan menjumpai istilah “sadar” dan “bawah sadar” yang digunakan untuk mengutarakan sifat mendua pikiran kita dalam buku ini.

§  Pikiran sadar dan bawah sadar

Cara yang bagus sekali untuk mengenal kedua fungsi pikiran ini ialah memandang pikiran Anda sendiri sebagai sebuah kebun. Anda adalah seorang tukang kebun, dan Anda menanam bibit (buah pikiran) dalam pikiran bawah sadar kita sepanjang hari, yang didasarkan pada apa yang biasa memenuhi pikiran Anda. Karena Anda menyebar bibit dalam pikiran bawah sadar, maka Anda akan memungut panen dalam tubuh dan lingkungan Anda.
            Mulailah sekarang menanam buah pikiran kedamaian, kebahagiaan, tindakan benar, kebaikan hati, dan kesejahteraan. Pikirkan dengan tenang dan penuh perhatian hal-hal tersebut dan terimalah sepenuhnya dalam pikiran Anda yang menalar secara sadar. Teruslah menanam bibit-bibit (buah pikiran) ini di kebun pikiran Anda, dan Anda akan menuai suatu panenan yang gemilang. Pikiran bawah sadar Anda mungkin dapat diumpamakan tanah yang akan ditumbuhi segala macam bibit, baik atau jelek. Apakah ada orang yang memanen buah anggur dari tumbuhan duri, atau buah ara dari widuri hutan? Setiap buah pikiran adalah suatu sebab, dan setiap keadaan adalah suatu akibat. Oleh sebab itu, penting bagi Anda menguasai pikiran supaya Anda dapat menghasilkan keadaan yang diinginkan.
            Kalau Anda berpikir secara tepat, kalau Anda memahami kebenaran, kalau buah pikiran yang terkumpul dalam pikiran bawah sadar Anda konstruktif, serasi dan penuh kedamaian, kekuatan ajaib pikiran  bawah sadar Anda akan bereaksi dan menghasilkan keadaan serasi. Kalau Anda mulai dapat mengendalikan proses pemikiran Anda, Anda akan dapat menggunakan kekuatan bawah sadar untuk menghadapi setiap masalah dan kesulitan. Dengan kata lain, Anda akan secara sadar bekerja sama dengan daya kekuatan tak terbatas dan hukum mahakuasa yang mengatur segala sesuatu.
            Lihatlah di sekeliling Anda di mana pun Anda berada dan Anda akan melihat bahwa sebagian besar umat manusia hidup di dunia luar, makin tinggi pengertian orang makin dalam ia hidup di dunia dalam (batin). Ingatlah bahwa yang membuat dunia luar kita adalah dunia dalam, yakni pikiran kita, perasaan kita, dan gambaran batin kita. Maka dunia dalam itulah satu-satunya daya kreatif, dan segala sesuatu yang kita jumpai dalam dunia fisik kita telah kita ciptakan dalam dunia dalam pikiran kita secara sadar atau tidak sadar.
            Suatu pengetahuan tentang interaksi antara pikiran sadar dan bawah sadar akan memungkinkan Anda mentransformasikan seluruh hidup Anda. Untuk mengubah keadaan lahir, Anda harus mengubah sebabnya. Kebanyakan orang mencoba mengubah keadaan dan lingkungan dengan menangani keadaan dan lingkungan. Untuk menghilangkan ketidakserasian, kekacauan, kekurangan, dan keterbatasan, Anda harus menghilangkan sebabnya, dan sebab itu adalah cara Anda menggunakan pikiran sadar. Dengan kata lain, cara Anda berpikir dan membayangkan dalam pikiran Anda.
            Kita hidup dalam samudera tanpa dasar yang penuh kekayaan tak terbatas. Alam bawah sadar kita sangat peka terhadap pikiran kita. Pikiran kita membentuk lempeng cetak atau matriks, dan melalui matriks tersebut mengalir tanpa batas segala kecerdasan, kebijaksanaan, kekuatan hidup, dan energi pikiran bawah sadar kita. Penerapan praktis hukum-hukum pikiran kita, yang dipaparkan dalam setiap bab buku ini, akan menyebabkan kita mengalammi keberlimpahan atas kemiskinan, kebijaksanaan atas kebodohan dan takhayul, kedamaian atas penderitaan, sukacita atas kesedihan, terang ats gelap, keserasian atas ketakserasian, kepercayaan dan keyakinan atas ketakutan, sukses atas kegagalan, dan kebebasan dari hukum rata-rata. Tentu saja, tidak ada kesenang-senangan yang lebih mengagumkan daripada semua ini dari sudut pandang mental, emosional, dan material.
            Kebanyakan ilmuwan besar, seniman, pujangga, penulis, dan penemu memahami secara mendalam kerja pikiran sadar dan bawah sadar.
            Pada suatu saat, Caruso, penyanyi tenar opera yang terkenal, pernah mengalami demam panggung. Ia berkata bahwa tenggorokannya lumpuh akibat ketegangan yang disebabkan oleh ketakutan yang mebuat otot tenggorokannya mengerut. Keringat mengucur deras di mukanya. Ia merasa malu karena beberapa menit lagi ia harus tampil di panggung, ia gemetar karena takut. Katanya: “Mereka akan menertawakan saya. Saya tidak bisa bernyanyi.” Lalu ia berteriak di tengah orang-orang di belakang panggung: “Aku Cilik mau mencekik Aku Gede di dalam diriku.”
            Ia berkata kepada Aku Cilik, “Keluar kau dari sini, Aku Gede mau menyanyi lewat saya.”
            Yang dia maksudkan dengan Aku Gede ialah kekuatan dan kebijaksanaan tak terbatas dari pikiran bawah sadarnya. Dan ia mulai berteriak, “Keluar, keluar, Aku Gede akan menyanyi!”
            Pikiran bawah sadarnya tanggap dan melepaskan kekuatan vital dalam diriya. Ketika saat tampil tiba, ia melangkah ke panggung dan bernyanyi penuh gaya dan agung, sehingga penonton terpesona.
            Bagi kita sekarang jelas bahwa Caruso tentu telah memahami kedua tingkat pikiran itu – tingkat sadar atau rasional (nalar), dan bawah sadar atau tak rasional. Pikiran bawah sadar kita peka dan tanggap terhadap apa yang kita pikirkan. Bila pikiran sadar kita (si Aku Cilik) penuh ketakutan, kecemasan, dan kekhawatiran, emosi negatif yang ada dalam pikiran bawah sadar kita (si Aku Gede) dilepas dan membanjiri pikiran sadar dengan rasa panik, takut bayangan masa depan, dan putus asa. Kalau hal itu terjadi, kita dapat seperti Caruso, berbicara positif dan dengan rasa wibawa mendalam kepada emosi tak rasional yang muncul di dalam pikiran sebagai berikut. “Diam, Tenang. Saya mengendalikan segalanya, enggkau harus mematuhi perintah-perintahku, engkau adalah bawahanku, engkau tidak bleh masuk daerah yang bukan daerahmu!”
            Sungguh mengagumkan dan menarik bagaimana ketenangan, keserasian, dan kedamaian timbul di dalam pikiran kita setalah kita berbicara secara berwibawa dan keyakinan kepada gerak tak rasional dalam pikiran kita. Pikiran bawah sadar tunduk pada pikiran sadar, dan itulah sebabnya orang menyebutnya pikiran bawah sadar atau subjektif.

§  Perbedaan dan cara kerja yang menonjol

Kita dapat melihat pebedaan utama dari contoh berikut. Pikiran sadar adalah seperti seorang navigator atau nahkoda yang berdiri di anjungan kapal. Ia mengarahkan kapal dan memberi perintah lewat isyarat kepada orang-orang di ruang mesin, yang pada gilirannya mengatur semua ketel, peralatan dan perlengkapan mesin. Orang-orang di ruang mesin itu tidak tahu ke mana mereka pergi; mereka mengikuti perintah. Mereka akan menabrak batu karang kalau nahkoda di anjungan menyampaikan instruksi yang keliru atau tidak lengkap atas dasar apa yang diketahuinya dari kompas, sekstan, atau instrumen lain. Orang-orang di ruang mesin patuh kepadanya karena ia memegang pimpinan dan mengeluarkan perintah secara otomatis dipatuhi. Anggota awak tidak mengatakan apa-apa kepada nahkoda; mereka menjalankan perintah saja.
            Nahkoda adalah pemimpin kapal, dan segala perintahnya dilaksanakan. Demikian juga, pikiran sadar adalah nahkoda dan pemimpin kapal kita, yakni tubuh kita, lingkungan kita, dan semua urusan kita. Pikiran bawah sadar menerima perintah yang kita keluarkan kepadanya atas dasar apa yang dipercaya dan dianggap benar oleh pikiran sadar kita.
            Bila Anda berulang-ulang berkata kepada orang, “Saya tak mampu membeli mobil, saya tak mampu membayar biaya perjalanan ke Eropa, saya tak mempunyai cukup uang untuk membeli rumah, baju baru, atau lainnya.” Anda dapat memastikan bahwa pikiran bawah sadar Anda mengikuti perintah Anda, dan Anda akan menjalani sisi hidup Anda dengan mengalami tidak adanya barang-barang itu.
            Pada malam Natal yang lalu, seorang mahasiswa yang muda dan cantik memandang sebuah tas wisata yang menarik dan agak mahal di sebuah took. Ia akan pulang ke rumahnya di Buffalo, New York, untuk berlibur. Ia hamper berkata, “Saya tak mampu membeli tas situ.” Ketika ia teringat akan sesuatu yang telah didengarnya pada salah satu kuliah saya: “ Jangan pernah menyelesaikan suatu pernyataan negatif; baliklah pernyataan itu segera, dan keajaiban akan terjadi dalam hidup Anda.”
            Mahasiswi itu berkata, “Tas itu milikku. Ta situ dijual. Saya menerimanya dalam pikiran, dan pikiran bawah sadar pasti menerimanya.”
            Pukul delapan malam Natal, tunangan gadis itu datang dengan memberikan hadiah berupa tas persis seperti yang dilihatnya dan dalam pikirannya diakui sebagai miliknya pada pukul sepuluh siang tadi. Ia telah mengisi pikirannya dengan harapan dan melepaskan seluruhnya kepada pikiran dalamnya yang memiliki “cara-cara” mencapai keinginan.
            Mahasiswa dari Universitas di California Selatan ini berkata kepadaku: “Saya tidak memiliki uang untuk membeli tas itu, tetapi kini saya tahu di mana saya dapat memperoleh uang dan segala sesuatu yang saya butuhkan, yaitu di tempat penyimpanan harta dari zaman abadi di dalam diriku”.
            Berikut ini suatu contoh sederhana: Bila Anda berkata: “Saya tidak suka jamur,” dan kemudian hidangan makan Anda adalah jamur dalam saus atau salad, Anda akan mengalami gangguan pencernaan karena pikiran bawah sadar Anda berkata,” Bos (maksudnya pikiran sadar Anda) tidak suka jamur!” Ini contoh yang menarik tentang perbedaan dan cara kerja pikiran sadar dan pikiran bawah sadar.
            Seorang wanita mungkin berkata: “Saya bangun pukul tiga, kalau saya minum kopi pada malam hari.” Setiap kali ia minum kopi, pikiran bawah sadar Anda berkata kepada Anda “Bos menghendaki kamu tidak tidur malam ini.”
            Pikiran bawah sadar bekerja dua puluh empat jam sehari dan melakukan persiapan demi kepentingan Anda, dengan menyerahkan semua buah dari pemikiran tetap Anda.



§  Bagaimana pikiran bawah sadar bereaksi

Seorang wanita menulis surat kepadaku beberapa bulan yang lalu: “Saya berumur 77 tahun. Saya janda dengan anggota keluarga yang sudah dewasa. Saya tinggal seorang diri dengan uang pensiunan. Saya mendengar kuliah Anda mengenai kekuatan pikiran bawah sadar. Anda mengatakan bahwa ide-ide dapat disampaikan kepada pikiran bawah sadar melalui pengulangan, keyakinan, dan harapan.
            “Saya mulai mengulang-ulang dengan penuh perasaan.” “Saya dibutuhkan, saya kawin bahagia dengan seorang lelaki yang baik, penuh kasih, dan penuh semangat hidup. Saya sudah aman!”
            “Saya mengatakan hal itu berkali-kali dalam sehari selama lebih kurang dua minggu, dan pada suatu hari di apotek di sudut jalan, saya berkenalan dengan seorang ahli farmasi yang sudah pension. Saya berpendapat dia itu baik, penuh pengertian dan setia kepada agamanya. Ia merupakan jawaban doa saya. Dalam waktu satu minggu ia melamarku, dan sekarang kami sedang berbulan madu di Eropa. Sya tahu bahwa pengetahuan dan pikiran bawah sadar saya telah mempersatukan kami dengan mengikuti tata penyelenggaraan ilahi.”
            Wanita ini telah menemukan bahwa tempat penyimpanan harta itu ada di dalam dirinya. Doanya dirasanya benar dalam hatinya, dan pengiyaannya meresap lewat osmose (perembesan) ke dalam pikiran bawah sadarnya, yang merupakan medium penciptaan. Pada saat ia berhasil menghasilkan suatu perwujudan subjektif, pikiran bawah sadarnya mendatangkan jawaban melalui hukum penarikan. Pikiran dalamnya, yang penuh kebijaksanaan dan pengetahuan, menyatukan keduanya menurut tata penyelengaraan ilahi.
            Pastikan bahwa Anda berpikir tentang semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap di dengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semua ini. Filipi 4:8.

§  Ringkasan gagasan-gagasan yang patut diingat

1.        Tempat penyimpanan harta ada di dalam diri Anda. Carilah di sana jawaban atas kerinduan hati Anda.
2.        Rahasia besar yang dimiliki oleh orang besar dari segala zaman adalah kemampuannya menguhubungi dan melepaskan kekuatan pikiran bawah sadar mereka. Anda pun dapat melakukannya.
3.        Pikiran bawah sadar Anda mempunyai jawaban atas semua masalah. Kalau Anda membisikkan kepada pikiran bawah sadar Anda sebelum tidur: “Saya mau bangun pukul enam pagi,” Anda akan dibangunkannya pada jam itu.
4.        Pikiran bawah sadar Anda adalah pembangun tubuh Anda dan dapat memulihkannya. Masukilah alam tidur setiap malam dengan gagasan kesehatan penuh, dan pikiran bawah sadar Anda, yang merupakan bawahan setia Anda, akan mematuuhi Anda.
5.        Setiap buah pikiran adalah suatu sebab, dan setiap keadaan adalah suatu akibat.
6.        Kalau Anda mau menulis buku, tulislah cerita yang menyenangkan, berikan pembicaraan yang lebih baik kepada para pembaca, sampaikan gagasan Anda secara penuh kasih dan penuh perasaan kepada pikiran bawah sadar Anda dan Anda akan mendapatkan tanggapan serupa.
7.        Anda adalah ibarat nahkoda yang menjalankan kapal. Nahkoda memberi perintah yang benar dan demikian juga Anda harus memberikan perintah (buah pikiran dan gambaran) kepada pikiran bawah sadar yang mengendalikan dan mengatur semua pengalaman Anda.
8.        Jangan pernah menggunakan istilah, “Saya tak mampu membeli” atau “Saya tak mampu melakukan” ini-itu. Pikiran bawah sadar Anda akan menerima kata-kata itu sebagai perintah dan akan mengusahakan agar Anda tak punya uang atau kemampuan untuk mencapai apa yang Anda inginkan. Katakan: “Saya dapat melakukan segala sesuatu dengan kekuatan pikiran bawah sadarku.”
9.        Hukum kehidupan adalah hukum kepercayaan. Kepercayaan adalah buah pikiran dalam pikiran Anda. Jangan percaya kepada hal-hal yang menyakitkan atau mencederai Anda. Percayalah kepada kekuatan pikiran bawah sadar Anda untuk menyembuhkan, memberi semangat hidup, menguatkan, dan menyejahterakan Anda. Sesuai dengan kepercayaam Anda semua terjadi atas diri Anda.
10.    Ubahlah buah pikiran Anda, dan Anda akan mengubah nasib Anda.


Mendapatkan Hasil
Yang Diinginkan


Alasan pokok kegagalan adalah: Tiadanya keyakinan dan terlalu banyak usaha. Banyak orang menghalangi jawaban atas doa mereka dengan tidak memahami sepenuhnya kerja pikiran bawah sadar mereka. Kalau kita mengetahui bagaimana berfungsinya pikiran kita, kita mendapatkan suatu keyakinan dengan kader tertentu. Hendaklah diingat bahwa setiap kali menerima suatu gagasan, pikiran bawah sadar langsung mulai melaksanakannya. Segala sumber dayanya yang sangat kuat untuk tujuan itu dan semua hukum mentak maupun spiritual pikiran bawah sadar dikerahkan. Hukum ini berlaku untuk gagasan baik maupun buruk. Alhasil, kalau kita menggunakannya secara negatif, hasilnya adalah kesulitan, kegagalan, dan kekacauan. Kalau kita menggunakannya secara konstruktif, hasilnya adalah bimbingan, kebebasan, dan kedamaian batin.
            Jawaban yang benar pasti datang kalau buah-buah pikiran kita positif, konstruktif, dan penuh kasih. Dari sini jelas bahwa satu-satunya yang harus kita lakukan untuk mengatasi kegagalan adalah membuat pikiran bawah sadar kita menerima gagasan dan permintaan kita dengan merasakan kenyataannya sekarang, dan hukum pikiran kita akan mengerjalan dan keyakinan, dan pikiran bawah sadar Anda akan mengambil alih pekerjaan dan memberikan jawabannya.
            Yang selalu mendatangkan kegagalan adalah kalau kita mencoba menggunakan paksaan mental-pikiran bawah sadar kita tidak tanggap terhadap paksaan; ditanggapi adalah kepercayaan atau penerimaan oleh pikiran sadar.
Kegagalan mendapatkan hasil mungkin juga disebabkan oleh pernyataan-pernyataan seperti: “Keadaan makin memburuk.” “Keinginan saya tak pernah terkabul.” “Saya sampai di jalan buntu.” “Tidak ada harapan.” “Saya tak tahu apa yang harus saya lakukan.” “Pikiran saya kacau balau.” Kalau kita menggunakan pernyataan-pernyataan seperti itu, kita tidak mendapatkan tanggapan atau kerja sama dari pikiran bawah sadar. Bagaikan seorang serdadu yang “jalan di tempat,” kita tidak maju dan tidak mundur; dengan kata lain, kita tidak mencapai apa-apa.
Kalau kita memasuki sebuah taksi dan memberikan puluhan tujuan kepada si pengemudi dalam waktu lima menit, ia akan menjadi bingung, dan mungkin ia tak mau membawa kita kemana-mana. Demikian pula halnya hubungan kita dengan pikiran bawah sadar. Harus ada gagasan yang jelas dalam pikiran. Kita harus sampai pada kepastian bahwa ada jalan keluar, suatu pemecahan, bagi masalah yang menganggu dalam suatu penyakit. Hanya inteligensia tanpa batas dalam pikiran bawah sadar kita yang tahu jawabannya. Kalau kita sampai pada kesimpulan yang pasti itu dalam pikiran bawah sadar kita, keputusan sudah dibuat, dan sesuai dengan keyakinan kita, keputusan itu dilaksanakan.


§  Kemudahan menyelesaikan

Seorang pemilik rumah memrotes seorang montir yang minta bayaran dua ratus dolar untuk membetulkan sebuah ketel pemanas. Orang itu menjawab: “Saya minta bayaran lima sen untuk sekrup yang hilang dan seratus sembilan puluh sembilan dolar sembilan puluh lima sen untuk mengetahui apa yang harus diperbaiki.”
            Demikian juga, pikiran bawah sadar adalah sang montir, si mahabijak, yang tahu cara dan sarana perbaikan setiap organ tubuh, maupun setiap urusan kita. Tetapkan kesehatan, dan pikiran bawah sadar akan mewujudkannya, tetapi kuncinya adalah kemudahan, kesantaian. “Kemudahan menyelesaikannya.” Jangan hiraukan detail dan jalannya, tetapi ketahuilah hasil akhirnya. Rasakanlah senangnya penyelesaian masalah yang Anda hadapi, untuk masalah kesehatan, keuangan, atau pekerjaan. Ingatlah kebahagiaan yang pernah Anda alami sesudah kesembuhan dari suatu penyakit parah. Ingat selalu bahwa perasaan kita adalah batu ukur semua pernyataan pikiran bawah sadar. Gagasan baru Anda hendaklah dirasakan secara subjektif dalam suatu keadaan selesai, bukan yang akan terjadi di masa depan, melainkan sebagai yang kini akan terjadi.


§  Jangan masukkan lawan, gunakan imajinasi dan bukan kemauan

Dalam menggunakan pikiran bawah sadar kita tidak memasukkan lawan dan tidak menggunakan kemauan. Kita membayangkan tujuan dan keadaan kebebasan. Akan terasa bahwa intelek kita mencoba menghalangi, tetapi kita harus tetap mempertahankan iman kepercayaan sederhana, kekanak-kanakan, yang menimbulkan keajaiban. Kita bayangkan diri kita bebas dari segala masalah dan penyakit. Kita bayangkan emosi dalam keadaan kebebasan yang kita inginkan. Buang semua birokrasi dari prosesnya. Cara sederhana adalah yang paling baik.

§  Bagaimana imajinasi, yang diterbitkan membuat kebijakan

Suatu cara mengagumkan untuk mendapatkan tanggapan dari pikiran bawah sadar ialah melalui imajinasi yang ilmiah atau ditertibkan. Seperti telah dikatakan di atas, pikiran bawah sadar kita merupakan pembangun tubuh dan mengendalikan semua fungsi vital.
Alkitab berkata, Apapun yang engkau minta dalam doa, dengan kepercayaan, akan engkau peroleh. Percaya adalah menerima sesuatu sebagai benar, atau hidup dalam keadaan apa adanya. Asalkan kita mempertahankan keadaan ini, kita akan mengalami sukacita terjawabnya doa kita!

§  Tiga langkah menuju sukses dalam doa

Prosedur biasanya adalah sebagai berikut:

1.      Perhatikanlah masalahnya.
2.      Perhatikan pemecahan atau jalan keluar hanya diketahui oleh pikiran bawah sadar.
3.      Diamlah dalam perasaan keyakinan mendalam bahwa masalah sudah terpecahkan.
Janganlah melemahkan dia dengan berkata: “Saya harap saya masih bisa sembuh.” “Saya harap begitu.” Perasaan kita tentang pekerjaan yang harus dilaksanakan adalah penentu. Keserasian adalah milik kita. Ketahuilah bahwa kesehatan adalah milik kita. Hendaklah kita menjadi bijak dengan menjadi suatu wahana bagi daya penyembuh tanpa batas dari pikiran bawah sadar. Teruskanlah gagasan kesehatan kepada pikiran bawah sadar sampai tingkat keyakinan; lalu bersikaplah rileks. Lepaskan diri dari tangan Anda. Katakan kepada keadaan, “Ini pun akan berlalu!” Dengan bersikap rileks, kita menanamkan kesan pada pikiran bawah sadar, dan dengan demikian memungkinkan energi kinetik di balik gagasan mengambil alih pekerjaan dan mewujudkannya.

§  Hukum usaha terbalik dan mengapa kita mendapatkan kebalikan dari yang kita minta dalam doa

Coue, psikolog terkenal dari Perancis yang berkunjung ke Amerika empat puluh tahun yang lalu, membatasi hukum usaha terbalik sebagai berikut: “Bila keinginan dan inajinasi saling bertentangan, yang menang selalu imajinasi.”
Kalau, misalnya, Anda diminta untuk berjalan di atas papan yang diletakkan di lantai. Anda akan melakukannya tanpa banyak Tanya. Sekarang andaikanlah papan itu dibentangkan di antara dua dinding setinggi enam meter, apakah Anda akan melakukan permintaan itu? Keinginan untuk berjalan melewatinya dilawan oleh imajinasi atau ketakutan untuk jatuh. Gagasan yang dominan yang berupa gambaran jatuh akan menang. Keinginan anda, kemauan, atau usaha Anda untuk berjalan melewatti papan itu akan dibalikkan, dan gagasan gagal yang dominan akan diperkuat.
Usaha mental selalu merugikan diri sendiri, karena akan berakhir berupa kebalikan dari apa yang diinginkan. Sugesti ketidakberdayaan untuk mengatasi keadaan menguasai pikiran; pikiran bawah sadar selalu dikendalikan oleh gagasan yang dominan. Kalau ada dua gagasan yang saling bertentangan, pikiran bawah sadar akan menerima yang terkuat. Cara terbaik adalah cara tanpa usaha.
Kalau kita berkata, “Saya ingin sembuh tetapi tidak dapat.” “Saya beusaha sekuat tenaga;” “Saya paksa diri saya untuk berdoa;” “Saya gunakan seluruh kemauan saya,” kita harus menyadari bahwa kekeliruan kita terletak pada usaha kita. Jangan pernah sekali-sekali memaksa pikiran bawah sadar untuk menerima gagasan kita dengan kekuatan kehendak kita. Usaha semacam itu sudah pasti gagal, dan kita akan memperoleh kebalikan dari apa yang kita inginkan.
Berikut ini suatu pengalaman yang biasa terjadi. Mahasiswa, pada waktu menghadapi ujian atau membaca bahan kuliah mereka, merasa bahwa tiba-tiba semua pengetahuan mereka hilang dari ingatan mereka. Pikiran mereka seakan-akan kosong dan mereka tidak bisa mengingat pikiran yang relevan. Semakin mati-matian mereka berusaha dan mengarahkan segala kemauan, makin jauh jawaban meninggalkan otak mereka. Tetapi begitu keluar dari ruang ujian, dan tekanan mental mereka mengendur, jawaban yang tadi dicari-cari datang sendiri dalam pikiran mereka. Mencoba memaksa diri untuk mengingat menjadi sebab kegagalan mereka. Inilah contoh hukum usaha terbalik dari apa yang kita inginkan atau kita minta dalam doa.

§  Konflik antara keinginan dan imajinasi harus dipertemukan

Menggunakan paksaan mental berarti mengganggap adanya perlawanan. Bila pikiran kita terkonsentrasi pada cara untuk mengatasi suatu masalah, pikiram tidak agi mempedulikan hambatan. Matius 18:19 berkata: Kalau dua orang daripadamu di dunia ini sepakat meminta apa pun juga, permintaan mereka ini akan dikabulkan oleh BapaKu yang di surge. Siapakah dua orang itu? Artinya adalah kesepakatan serasi antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar mengenai gagasan, keinginan, atau gambaran mental. Bila tidak ada lagi pertentangan pada pikiran sadar maupun bawah sadar, permintaan akan terpenuhi. Kedua pihak yang sepakat itu dapat juga diwujudkan sebagai Anda dan keinginan Anda, pikiran dan perasaan anda, gagasan dan emosi Anda, keinginan dan imajinasi Anda.
Kita menghindari segala konflik antara keinginan dan imajinasi dengan memasuki keadaan setengah tidur yang memperkecil segala usaha sampai kadar minimum. Pikiran sadar kita tenggelam cukup dalam bila kita berada dalam keadaan setengah tidur. Saat terbaik untuk menanamkan kesan pada pikiran bawah sadar terjadi menjelang terlelap tidur dan sesaat sesudah bangun. Dalam keadaan ini buah pikiran dan gambaran negatif yang cenderung melumpuhkan keinginan dan mencegah penerimaan oleh pikiran bawah sadar tidak lagi tampil. Bila kita membayangkan realitas terpenuhinya keinginan kita dan merasakan gejilah keberhasilan, pikiran bawah sadar akan melaksanakan realisasi keinginan kita.
Banyak orang memecahkan dilema dan masalah mereka melalui perasaan imajinasi mereka yang tekendali, terarah, dan ditertibkan, dengan pengetahuan bahwa apa pu yang hkita bayangkan dan kita rasa sebagai benar akan dan harus terlaksana.
Contoh berikut menggambarkan bagaimana seorang gadis mengalami konflik antara keinginan dan imajinasinya. Ia menginginkan pemecahan serasi atas masalah hukum yang dihadapinya, tetapi pikirannya selalu menggambarkan kegagalan, kerugian, kebangkrutan, dan kemiskinan. Ia menghadapi tuntutan hukum yang rumit dan berkali-kali terjadi penundaan tanpa bayangan berhasil.
Saya usulkan kepada gadis itu untuk memasuki keadaan setengah tidur setiap malam menjelang tidur, dan membayangkan akhir yang menyenangkan dengan merasakan kesenangan itu sedapat mungkin. Ia tahu bahwa gambaran dalam pikirannya harus sejalan dengan keinginan hatinya. Sebelum tidur ia mulai mendramatisasi keadaan sebaik mungkin dengan membayangkan pengacaranya sedang mengadakan diskusi ramai dengan dia mengenai hasil akhirnya. Ia bertanya dan si pengacara menjawab. Pengacara itu akan berkata berulang-ulang, “Ada suatu penyelesaian yang sempurna dan sangat serasi. Perkara ini terselesaikan di luar siding pengadilan.” Pada siang hari bila ketakutan melanda pikirannya, ia akan memutar film mentalnya dengan gerak tangan, bunyi peralatan, dan suaranya. Ia dapa dengan mudah membayangkan bunyi suaranya sendiri, senyumnya, dan sikap sopan santunnya. Begitu sering ia memutar film imajinasi ini sehingga menjadi suatu pola subjektif, suatu jalur tetap. Selang beberapa minggu pengacaranya menghubungi dia dan mengatakan secara objektif apa yang selama ini dibayangkannya dan dirasakannya secara subjektif sebagai benar.
Inilah yang dimaksud penggubah Mazmur ketika ia menulis, Mudah-mudahan Engkau berkenan akan ucapan mulutku [buah pikiran, gambaran mental] dan renungan hatiku [perasaan, kodrat, emosiku], ya Tuhan [hukum pikiran bawah sadar], gunung batuku dan penebusanku [kekuatan dan kebijaksanaan pikiran bawah sadar kita dapat menyelamatkan kita dari penyakit, belenggu dan kesengsaraan]. Mazmur 19:15

Ide-Ide yang patut diingat

1.      Paksaan mental dan terlalu banyak usaha memperlihatkan kecemasan dan takut yang menghambat jawaban Anda. Kemudahan menyelesaikan.
2.      Bila pikiran kira rileks dan kita menerima suatu gagasan, pikiran bawah sadar kita bekerja untuk mewujudkannya.
3.      Pikirkan dan rencanakan secara terpisah dari metode-metode tradisional. Ketahuilah bahwa selalu ada jawaban dan pemecahan bagi setiap masalah.
4.      Jangan terlalu merisaukan detak jantung, napas paru-paru, atau fungsi bagian anatomi tubuh Anda. Bersandarlah pada pikiran bawah sadar dan sering-sering nyatakan bahwa tindakan Tuhan yang tepat sedang terjadi.
5.      Perasaan sehat menghasilkan kesehatan, perasaan kaya menghasilkan kekayaan. Apa perasaan Anda?
6.      Imajinasi adalah kemampuan kita yang paling kuat. Bayangkan selalu apa yang baik dan enak didengar. Kita adalah apa yang kita bayangkan sendiri.
7.      Anda menghindari konflik antara pikiran sadar dam pikiran bawah sadar dalam keadaan setengah tidur. Bayangkanlah terpenuhinya keinginan Anda berulang-ulang menjelang tidur. Tidurlah dalam damai dan bangunlah dalam sukacita.
Bagaimana Menggunakan
Daya Pikiran Bawah Sadar
untuk Mendapatkan Kekayaan

Kalau Anda menghadapi kesulitan finansial, kalau Anda ingin mencukup-cukupkan uang yang ada, itu berarti Anda belum meyakinkan pikiran bawah sadar Anda bahwa Anda akan selalu berkecukupan dan mempunyai kelebihan. Kita kenal beberapa orang, pria, atau, wanita, yang bekerja beberapa jam seminggu namun, berpenghasilan sangat besar. Mereka tidak bersusah payah dan tidak bekerja membanting tulang. Jangan percaya pada cerita bahwa satu-satunya jalan untuk menjadi kaya adalah melalui cucuran keringat dan kerja berat. Itu tidak selalu. Cara hidup yang paling baik adalah cara yang tanpa daya upaya. Lakukan apa yang Anda senang melakukannya, dan lakukan itu demi sukacita dan gairah darinya.
            Saya mengenal seorang eksekutif di Los Angeles yang menerima gaji $75.000 setahun. Tahun lalu ia mengadakan perjalanan keliling dunia selama Sembilan bulan untuk melihat-lihat tempat-tempat yang indah. Ia berkata kepadaku bahwa ia telah berhasil meyakinkan pikiran bawah sadarnya bahwa ia pantas menerima gaji sebesar itu. Ia berkata bahwa banyak orang dalam organisasinya yang hanya digaji beberapa ratus dolar dalam seminggu tetapi tahu lebih banyak tentang bisnisnya daripada dia dan mampu mengelola perusahaan secara lebih baik dariapada dia. Masalahnya, mereka itu tidak mempunyai ambisi, tidak mempunyai ide kreatid, dan tidak tahu tentang daya ajaib pikiran bawah sadar.

§  Kekayaan adalah milik pikiran

Kekayaan adalah suatu keyainan bawah sadar pada pihak yang bersangkutan. Kita tidak akan menjadi jutawan dengan berkata, “Aku seorang jutawan, aku seorang jutawan.” Kita akan tumbuh ke dalam kesadaran kekayaan dengan membangun dalam mentalitas kita gagasan kekayaan dan keberlimpahan.

§  Penunjang hidup yang tak kelihatan

Masalahnya pada kebanyakan orang adalah, bahwa mereka tidak mempunyai penunjang hidup yang tak terlihat. Bila bisnis gagal, pasar malam merosot, atau investasi mereka ambruk, mereka seperti tak berdaya. Sebab dari ketidakpastian itu adalah ketidaktahuan tentang cara menimba kekuatan dari pikiran bawah sadar.
Seseorang dengan pikiran tipe kemiskinan merasa diri berada dalam kondisi miskin. Orang lain yang pikirannya berisi ide-ide kekayaan dilingkupi oleh apa saja yang dibutuhkannya. Tidak pernah ada orang yang dimaksudkan untuk kehidupan miskin. Anda dapat mempunyai kekayaan, keberlimpahan dan banyak kelebihan. Kata-kata Anda mempunyai daya untuk membersihkan pikiran Anda dari gagasan keliru dan untuk menanamkan gagasan yang benar sebagai gantinya.

§  Cara ideal membangun suatu kesadaran kekayaan

Mungkin ketika membaca bab ini Anda berkata “Aku membutuhkan kekayaan dan sukses.” Kalau itulah yang Anda inginkan, inilah yang harus Anda lakukan: Ulangi selama lima menit tiga atau empat kali sehari kata-kata, “Kekayaan-Sukses.” Kata-kata ini mempunyai daya sangat besar. Kata-kata ini mewakili daya rahasia pikiran bawah sadar. Ikatkan pikiran Anda pada daya di dalam diri Anda ini. Tidak ada pertentangan dalam pikiran bila Anda berkata, “Kekayaan.” Selanjutnya perasaan kaya akan timbul di dalam diri Anda bila Anda berpikir terus tentang gagasan kekayaan.
Perasaan kaya menghasilkan kekayaan, ingatlah ini selalu. Pikiran bawah sadar adalah bagaikan sebuah bank, semacam lembaga keuangan universal. Pikiran bawah sadar memperbesar apa saja yang kita tanamkan atau kita kesankan di dalamnya, entah itu gagasan kekayaan atau gagasan kemiskinan. Pilihlah kekayaan.

§  Mengapa penegasan Anda untuk kekayaan gagal?

Selama tiga puluh tahun saya telah berbicara dengan banyak orang yang keluhannya biasanya, “Telah berminggu-mingggu atau berbulan-bulan saya berkata ‘Aku kaya, aku kecukupan,’ tetapi tak sesuatupun terjadi.’ Setelah diteliti, ternyata bahwa sewaktu mereka berkata “Aku kaya, aku kecukupan,” mereka merasa di dalam batin mereka bahwa mereka berdusta kepada diri sendiri.
            Ada seseorang yang berkata kepadaku, ‘Saya telah menegaskan kepada pikiran bawah sadar saya bahwa saya kaya sampai saya kecapaian. Keadaan saya kini bertambah buruk. Saya tahu ketika saya menyampaikan pernyataan bahwa saya kaya dan kecukupan, jelas-jelas pernyataan itu tidak benar.” Pernyataannya ditolak oleh pikiran bawah sadar, dan kebalikan dari apa yang dinyatakan di luar menjadi terwujud.
            Penegasan kita berhasil paling baik bila pernyataanya khas dan tidak menimbulkan konflik mental atau batahan dalam pikiran itulah sebabnya pernyataan yang dibuat orang itu justru membuat keadaan menjadi lebih buruk. Pikiran bawah sadar kita menerima apa yang kita rasa adalah nyata, bukan kata-kata atau pernyataan kosong. Gagasan atau keyakinan yang dominan selalu diterima oleh pikiran bawah sadar.

§  Bagaimana menghindari konflik mental

Berikut ini cara ideal untuk mengatasi konflik ini bagi seseorang yang mempunyai kesulitan seperti di atas. Buatlah pernyataan praktis berikut ini sering-sering, terutama sebelum tidur: “Siang maupun malam aku dicukupi dalam segala kepentinganku.” Penegasan ini tidak akan membangkitkan bantahan karena tidak bertentangan dengan kesan kekurangan finansial dala, pikiran bawah sadar Anda.
            Kepada seorang usahawan yang merasa cemas dan khawatir karena penjualan dan keadaan keuangannya sangat rendah, saya sarankan agar ia duduk di kantornya, berdiam diri, lalu mengulang-ulang pernyataan berikut: “Penjualanku terus naik setiap hari.” Pernyataan ini menggerakkan kerja sama antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar; hasil pun menyusul

§  Jangan mendandatangani cek kosong

Yang dimaksudkan “menandatangani cek kosong” ialah bila Anda membuat pernyataan seperti; “Aku kekurangan,’ “Aku tidak cukup berada untuk hidup secara tidak kekurangan,’ “Aku akan kehilangan rumahku karena kugadaikan,” dll. Kalau pikiran Anda penuh ketakutan terhadap masa depan, Anda juga menandatangani cek kosong dan mengundang keadaan-keadaan negatif. Pikiran bawah sadar Anda menganggap ketakutan dan pernyataan negatif itu sebagai permintaan Anda dan mulai dengan caranya sendiri mendatangkan kesulitan, hambatan, kekurangan, keterbatasan dalam hidup Anda.

§  Pikiran bawah sadar Anda memberi Anda bunga ganda

Bagi mereka yang memiliki perasaan kaya, kekayaan lebih banyak akan ditambahkan; bagi mereka yang memiliki perasaan kekurangan, lebih banyak kekurangan akan ditambahkan. Pikiran bawah sadar memperbanyak dan memperbesar apa saja yang diendapkan padanya. Setiap pagi, begitu bangun tidur endapkan pikiran tentang keberadaan, sukses, kekayaan, dan kedamaian. Pikirkan konsep-konsep tersebut. Sibukkan pikiran Anda dengn gagasan-gagasan itu sesering mungkin. Buah pikiran yang konstruktif ini akan mengendap dalam pikiran bawah sadar Anda, dan mendatangkan keberlimpahan dan kecukupan.

§  Mengapa tidak terjadi apa-apa

Saya dapat mendengar Anda berkata, “Oh, aku sudah lakukan itu, tetapi tak sesuatupun terjadi!” Hasil yang Anda harapkan tidak terjadi karena Anda membiarkan rasa ketakutan memenuhi pikiran Anda mungkin sepuluh menit berikutnya dan menetralisir hal baik yang telah Anda tegaskan. Bila Anda telah menanam sebutir biji di tanah, jangan menggalinya kembali. Biarkan dia berakar dan tumbuh.
            Andaikanlah, Anda akan berkata, “Saya tidak akan dapat membayar sebanyak itu.” Sebelum Anda berkata lebih jauh dari, “Saya tidak akan …” berhentilah dan berpikirlah mengenai pernyataan lain yang konstruktif, misalnya, “Siang maupun malam saya dicukupi dalam segala kebutuhanku.”

§  Sumber kekayaan yang sebenarnya

Pikiran bawah sadar kita tidak pernah kekurangan ide. Di dalamnya terdapat gagasan tanpa batas jumlahnya yang siap untuk mengalir ke dalam pikiran sadar dan tampil sebagai uangn tunai di buku saku kita dalam banyak bentuk. Proses ini akan berlanjut di dalam pikiran kita tanpa peduli apakah pasar saham naik atau merosot, atau apakah nilai poundsterling atau dolar turun. Kekayaan kita tidak pernah benar-benar bergantung pada saham, obligasi, atau uang di bank, semua ini sebenarnya hanya lambang yang diperlukan dan berguna, tentu saja, tetapi hanya lambang.
            Yang ingin saya tekankan di sini adalah bahwa kalau Anda meyakinkan pikiran bawah sadar Anda, bahwa Anda kaya, dan bahwa kekayaan it uterus beredar dalam kehidupan Anda, Anda selalu dan tak dapat tidak memilikinya, tak peduli apa pun bentuknya.


§  Bersusah payah mencukupi kebutuhan dan sebab sebenarnya

Ada orang yang mengaku selalu bersusah payah untuk mencukupi kebutuhan sedapat-dapatnya, Mereka tampaknya harus berjuang keras untuk memenuhi berbagai kewajiban yang menyangkut keuangan. Pernahkah Anda mendengarkan pembicaraan mereka? Seringkali pembicaraan mengalir ke arah itu. Mereka selalu mengutuk mereka yang berhasil dalam kehidupan ini dan tegak lebih tinggi di tenagh orang banyak. Mungkin mereka berkata: “Ah, orang itu punya usaha gelap; dia itu kejam sewenang-wenang; dia itu penjahat.” Itulah sebabnya mereka kekurangan; mereka mengutuk hal-hal yang sebenarnya mereka inginkan dan mereka butuhkan. Mereka mengecam sesama yang lebih berada karena mereka iri dan sebenarnya sangat menginginkan keadaan kecukupan yang dimiliki orang lain itu. Jalan paling cepat untuk membuat kekayaan menguap dan meninggalkan kira adalah mengecam dan mengutuk orang lain yang lebih kaya dari kita.

§  Batu sandungan paling umum menuju kekayaan

Ada satu emosi yang menyebabkan tiadanya kekayaan ada kehidupan banyak orang. Banyak orang belajar hal ini dari pengalaman yang pahit. Emosi tersebut adalah iri hati. Misalnya, kalau kita melihat seorang pesaing mendepositokan banyak uang di bank, sedangkan kita hanya dapat menabung sedikit demi sedikit, apakah hal itu membuat kita iri? Cara untuk mengatasi emosi ini adalah dengan berkata kepada diri sendiri, “Sungguh mengagumkan! Saya senang melihat keberadaan orang itu. Semoga ia bertambah kaya!”
            Menyimpan perasaan iri hati berpengaruh menghancurkan diri sendiri karena emosi ini menempatkan kita dalam posisi yang sangat negatif ; karena itu, kekayaan mengalir dari kita, bukan ke kita. Kalau Anda tidak senang dan jengkel karena keberadaan dan keberlimpahan orang lain, nyatakan langsung kepada diri sendiri bahwa Anda mendoakan orang itu agar kekayaannya bertambah. Ini akan menetralisir negatif dan menyebabkan mengalirnya kekayaan kepada Anda menurut hukum pikiran bawah sadar Anda sendiri.

§  Menghapus penghambat kekayaan dalam pikiran

Kalau pikiran kita terganggu dan tidak senang karena seseorang kita anggap mengumpulkan kekayaan secara tidak jujur, berhentilah mencemaskan orang itu. Kita tahu bahwa orang seperti itu menggunakan hukum pikiran akan mengatasi masalahnya. Berhati-hatilah, jangan mengecam dua dengan alasan yang sudah disebutkan di atas. Ingatlah: Batu sandungan dan hambatan bagi datangnya kekayaan Anda ada di dalam pikiran Anda sendiri. Kini Anda dapat menghancurkan batu penghambat tersebut. Anda dapat melakukan hal ini dengan mempunyai hubungan menta yang baik dengan setiap orang.

§  Tidurlah dan jadilah kaya

Bila Anda pergi tidur di malam hari, praktikkan teknik berikut. Ulangilah kata-kata, “Kekayaan,” dengan tenang, santai dan penuh perasaan. Katakan ini berulang-ulang, seperti meninabobokan diri dengan kata itu. Masuklah ke alam tidur dengan satu kata ini, “Kekayaan.” Hasilnya akan mengherankan Anda. Kekayaan akan mengalir bagaikan membanjir kepada Anda. Inilah contoh lain lagi tentang daya ajaib pikira bawah sadar.

§  Manfaatkan kekuatan rahasia pikiran Anda

1.      Putuskan untuk menjadi kaya dengan cara mudah dengan bantuan pikiran bawah sadar.
2.      Mencoba mengumpulkan kekayaan dengan cucuran keringat dan kerja membanting tulang adalah salah satu cara untuk menjadi orang yang terkaya dalam kubur. Kita tidak perlu bersusah payah dan bekerja dengan membanting tulang.
3.      Kekayaan adalah suatu keyakinan bawah sadar. Bangunlah dalam mentalitas Anda ide kekayaan.
4.      Kesulitan pada kebanyakan orang adalah bahwa mereka tidak mempunyai cara menunjang hidup yang tak terlihat.
5.      Ulangi kata, “Kekayaan,” kepada diri sendiri lambat-lambat dengan tenang selama kira-kira lima menit sebelum tidur dan pikiran bawah sadar Anda akan mendatangkan kekayaan itu dalam pengalaman Anda.
6.      Perasaan kaya mendatangkan kekayaan. Ingatlah ini selalu.
7.      Pikiran sadar dan pikiran bawah sadar harus sepakat. Pikiran bawah sadar menegaskan apa yang sebenarnya kita rasa sebagai benar. Gagasan yang dominan selalu diterima oleh pikiran bawah sadar. Gagasan yang dominan itu hendaklah kekayaan, bukan kemiskinan.
8.      Kita dapat mengatasi konflik mental apa pun mengenai kekayaan dengan sering kali menegaskan, “Siang maupun malam, saya selalu dicukupi dalam segala kepentingan saya.”
9.      Naikkan angka penjualan bisnis Anda dengan pernyataan berikut ini berulang-ulang: “Angka penjualan naik terus setiap hari; saya terus maju, saya menjadi bertambah kaya setiap hari.”
10.  Berhentilah “menulis cek kosong,” seperti, “Aku tidak punya cukup untuk memenuhi segala kebutuhan,” atau, “Aku orang kekurangan,” dll. Pernyataan-pernyataan serupa itu memperbesar dan melipatkan kekurangan kita.
11.  Tanamkan pikiran tentang kekayaan, keberadaan, dan keberhasilan dalam pikiran bawah sadar Anda, bagaikan orang menabung di bank, dan pikiran bawah sadar akan memberikan bunganya berlipat ganda.
12.  Apa yang Anda nyatakan secara sadar, jangan Anda bantah dalam pikiran beberapa saat kemudian. Ini akan menetralisir keadaan baik yang telah Anda tanamkan.
13.  Sumber sebenarnya dari kekayaan Anda terdiri atas gagasan di dalam pikiran Anda. Anda dapat memiliki gagasan seharga jutaan dolar. Pikiran bawah sadar Anda akan memberikan gagasan yang Anda cari.
14.  Iri hati dan kecemburuan adalah batu sandungan bagi mengalirnya kekayaan. Bergembiralah atas kekayaan dan kesejahteraan orang lain.
15.  Hambatan kekayaan adalah pikiran Anda sendiri. Hancurkan hambatan itu sekarang juga dengan mengadakan hubungan mental yang baik dengan setiap orang.


Hak Anda Untuk Kaya


Adalah hak Anda untuk kaya. Anda ada di dunia ini untuk menjalani kehidupan yang sejahtera dan berbahagia, cerah dan bebas merdeka. Oleh sebab itu, Anda harus memiliki uang untuk hidup lengkap, bahagia, dan sejahtera.
     Anda berada di sini untuk tumbuh, berkembang, dan mekar secara spiritual, mental, dan material. Anda memiliki hak yang tak dapat dialihkan untuk berkembang secara penuh dan mengungkapkan diri menurut semua jalur ini. Anda harus mengelilinggi dengan keindahan dan kemewahan.
Mengapa puas dengan hanya sekedar bertahan hidup bila Anda dapat menikmati segala kekayaan pikiran bawah sadar? Dalam bab ini kita akan belajar berteman dengan uang, dan kita akan selalu mempunyai surplus. Keinginan kita untuk kaya adalah suatu keinginan akan kehidupan yang lebih penuh, dorongan kosmik. Keinginan ini tidak hanya bagus, tetapi bagus sekali.

§  Uang adalah suatu lambang

Uang adalah lambang pertukaran. Uang bagi Anda tidak hanya berarti kebebasan dan kekurangan, tetapi juga berarti keindahan, kemewahan, dan kekurangan, dan kemajuan. Uang adalah suatu lambang kesehatan ekonomi suatu bangsa. Bila darah beredar dengan bebas dalam kehidupan kita, kita secara ekonomis sehat. Bila orang mulai menimbun uang, menyimpannya di kotak kaleng, dan dihinggapi ketakutan, itu berarti secara ekonomis ia tidak sehat. Uang telah mengambil banak bentuk sebagai alat pertukaran dalam perjalanan waktu, seperti garam, manik-manik, dan berbagai macam perhiasan. Pada zaman dulu, kekayaan orang diukur berdasar banyaknya kambing dan sapi yang dimilikinya. Kini kita menggunakan uang, dan alat lain yang dapat dijualbelikan, karena jauh lebih mudah menulis sehelai cek daripada membawa-bawa beberapa ekor kambing untuk membayar sesuatu.

§  Bagaimana kita mengikuti jalan gampang menuju kekayaan

Pengetahuan tentang kekuatan pikiran bawah sadar adalah sarana ke jalan yang gampang menuju segala macam kekayaan-spiritual, mental, dan finansial. Orang yang mempelajari hukum ppikiran akan yakin dan tahu pasti bahwa tak peduli dengan situasi ekonomi, turun naiknya harga saham, depresi, pemogokan, perang, dan kondisi serta situasi lain, ia akan senantiasa kecukupan, apa pun bentuk uangnya. Sebabnya, ia telah menyampaikan gagasan kekayaan kepada pikiran bawah sadarnya, dan pikiran bawah sadar akan menyediakan apa yang dibutuhkannya. Kalau terjadi keruntuhan finansial pemerintah dan semua surat berhaga yang dimilikinya menjadi tak bernilai, seperti uang Mark Jerman sesudah Perang Dunia Pertama, ia akan tetap mendapatkan kekayaan dan kebutuhannya tercukupi, tak peduli apapun bentuk uang yang berlaku.

§  Mengapa Anda tidak memilih lebih banyak uang

Selagi Anda membaca bab ini mungkin Anda berpikir, “Saya sepantasnya menerima gaji lebih daripada yang saya terima sekarang.” Saya yakin bahwa kebanyakan orang mendapatkan imbalan di bawah yang sepantasnya mereka terima. Salah satu sebab mengapa banyak orang tidak mempunyai lebih banyak uang adalah karena mereka secara diam-diam atau terang-terangan mengutuk uang. Dalam berbicara tentang uang mereka mengatakan “uang kotor” atau “cinta kepada uang adalah akar dari segala kejahatan.” Sebab lain mengapa orang tidak berkecukupan adalah adanya perasaan bawah sadar yang menyatakan kemiskinan sebagai keutamaan hidup. Pola pikiran bawah sadar ini mungkin karena pendidikan pada masa kanak-kanak, takhayul, atau penafsiran yang keliru tentang Kitab Suci.

§  Uang dan hidup yang berimbang

Pernah seseorang berkata kepada saya: “Saya tak beruang. Saya tidak suka uang. Uang adalah sumber segala kejahatan.” Pernyataan seperti ini mewakili suatu pikiran neurotik yang kacau. Cinta kepada uang sampai menyisihkan segala sesuatu hyang lain akan menyebabkan kita menjadi berat sebelah dan tidak imbang. Di sisni kita harus mengunakan kekuasaan dan wewenang secara bijaksana. Ada orang yang mengejar kekuasaan, ada pula yang mengejar uang. Kalau kita mengejar uang saja, dan berkata: “Uang adalah satu-satunya yang saya inginkan; saya akan memusatkan seluruh perhatian untuk menimbun uang; apa pun selain uang tak saya pikirkan,” kita akan mendapatkan uang dan kekayaan, tetapi kita lupa bahwa di dunia ini kita harus tetap hidup berimbang. Harus kita penuhi pula keinginan akan kedamaian, keserasian, cinta sukacita, dan kesehatan badan.
Dengan menjadikan uang sebagai satu-satunya tujuan, kita membuat pikiran keliru. Kita berpikir bahwa uanglah satu-satunya yang kita butuhkan, tetapi kemudian akan ternyata bahwa tidak hanya uang yang kita perlukan dalam hidup ini. Kita perlu juga mengungkapkan bakat-bakat lain yang masih tersembunyi, kita memerlukan tempat yang tepat dalam kehidupan, keindahan, dan sukacita karena memberi sumbangan kepada kesejahteraan dan keberhasilan orang lain. Dengan belajar mengetahui hukum pikiran bawah sadar, kita dapat memiliki jutaan dollar, kalau kita menginginkannya, dan tetap memiliki kedamaian batin, keserasian, kesehatan yang baik, dan pengungkapan diri secara sempurna.

§  Kemiskinan adalah penyakit pikiran

Tiada keutamaan dalam kemiskinan; kemiskinan adalah penyakit seperti penyakit jiwa yang lain. Kalau kita sakit secara fisik, kita akan berpikir bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Kita akan mencari bantuan dan melakukan sesuatu secepatnya. Begitu juga, kalau kita tidak memiliki uang yang selalu beredar dalam kehidupan kita, ada sesuatu yang tidak beres pada diri kita secara mendasar.
            Dorongan prinsip kehidupan di dalam kita adalah menuju pertumbuhan, perkembangan, dan kehidupan yang lebih berkelimpahan. Kita dilahirkan di dunia tidak untuk tinggal di gubuk, berpakaian compang-camping, dan menderita kelaparan. Kita harus bebahagia, sejahtera, dan berhasil.

§  Mengapa kita tidak boleh mengecam uang

Bersihkan pikiran Anda dari segala keyakinan menceng dan takhayul mengenai uang. Jangan pernah menganggap uang itu jahat dan kotor. Kalau kiita beranggapan begitu, uang akan terbang meninggalkan kita. Ingatlah bahwa kita akan kehilangan apa yang kita kutuk. Kita tidak mungkin menarik apa yang kita kecam.

§  Mendapatkan sikap yang tepat terhadap uang

Inilah suatu teknik sederhana yang dapat Anda gunakan untuk melipatgandakan uang dalam pengalaman Anda. Gunakan pernyataan ini beberapa kali sehari: “Saya suka uang, saya mencintainya, saya menggunakannya secara bijaksana, konstruktif, dan dengan pendirian tegas. Uang selalu beredar di dalam hidup saya, saya melepasnya dengan senang dan uang akan kembali berlipat ganda dengan cara yang mengagumkan. Uang itu baik, sangat baik. Uang mengalir kepadaku secara berlimpah. Saya menggunakan uang hanya untul hal yang baik, dan saya bersyukur atas apa yang baik dan segala kekayaan dalam pikiranku.”

§   Bagaimana pemikir ilmiah memandang uang

Andaikanlah, misalnya, Anda menemukan emas, perak, timah, tembaga, atau besi di tanah. Apakah Anda akan menyatakan barang-barang itu jahat? Semua kejahatan datang dari pengertian gelap manusia, dari ketidaktahuannya, dari penafsiran keliru tentang kehidupan, dan dari penyalahgunaan terhadap pikiran bawah sadarnya. Uranium, timah, atau logam lain dapat digunakan sebagai alat tukar. Kita menggunakan uang kertas, cek, uang, emas, bekel, perak; tentu, semua itu tidak jahat. Ahli fisika dan kimia dewasa ini tahu bahwa satu-satunya perbedaan antara logam yang satu dan logam lain adalah jumlah dan tingkat gerak elektron yang berputar mengitari suatu inti pusat. Kini orang dapat mengubah suatu logam menjadi logam lain dengan menggempur atom-atom dalam siklotron amat kuat. Emas dalam keadaan tertentu menjadi air raksa. Saya percaya bahwa ilmuwan modern dalam waktu dekat akan mampu membuat emas, perak, dan logam lain secara sintesis di laboratorium kimia. Biayanya mungkin merupakan hambatan, tetapi hal itu dapat dilakukan. Saya tidak dapat memyangkan orang yang mempunyai kecerdasan akan melihat sesuatu yang jahat dalam elektron, neutron, proton, dan isotope.
                        Kertas di saku Anda tersusun dari atom-atom dan molekul yang elektron dan protonnya tertata dengan jumlah dan tingkat gerakan yang berbeda. Itulah satu-satunya perbedaaan kertas dari perak di dalam saku Anda pula.

§   Bagaimana menarik uang yang kita butuhkan

Beberapa tahun yang silam di Australia saya bertemu dengan seorang anak laki-laki yang ingin menjadi dokter dan ahli bedah, tetapi ia tidak mempunyai uang. Saya jelaskan padanya bagaimana sebutir biji yang ditanam di tanah menarik segala sesuatu yang dibutuhkan untuk berkembang, dan satu-satunya yang dibutuhkan anak laki-laki itu adalah mengambil peajaran dari biji tersebut dan menanamkan idenya dalam pikiran bawah sadarnya. Untuk membayar biaya pendidikannya, anak muda ini membersihkan kantor para dokter, membersihkan jendela, dan melakukan pekerjaan perbaikan. Ia berkata kepadaku bahwa setiap malam, setiap akan tidur, ia membayangkan dalam pikirannya sebuah ijazah dokter tergantung di dinding dengan namanya yang ditulis mencolok besar-besar. Ia biasa membersihkan ijazah yang diberi bingkai di tempat ia bekerja. Baginya tidak sukar mengukirkan gambaran sebuah ijazah di dalam pikirannya dan mengembangkannya disitu. Hasil yang jelas menyusul sementara ia tetap mempertahankan gambaran pikiran itu setiap akan tidur selama empat bulan.
                               Cerita bersambung pemuda itu sungguh menarik. Salah satu dokter sangat menyukai dia dan sesudah melatih dia dalam mensterilkan alat-alat kedokteran, memberikan suntikan dan melaksanakan beberapa pekerjaan dalam pertolongan pertama, ia mengangkat dia menjadi asisten teknis di kantornya. Kelak dokter itu mengirim dia ke sekolah dokter yang ternama di Montreal, Kanada. Ia menemukan hukum daya Tarik dan menggunakan pikiran bawah sadarnya secara benar. Ia menerapkan suatu hukum lama yang berkata, “Setelah melihat tujuannya, ia telah menghendaki cara tereaslisasinya tujuan tersebut.” Tujuan pada pemuda itu ialah menjadi dokter.
                               Pemuda itu mampu membayangkan, melihat, dan merasakan realitas menjadi dokter. Ia hidup dengan gagasan itu, mempertahankannya, menghidupkannya, dan mencintainya sampai melalui imajinasinya gagasan itu menembus lapisan-lapisan pikiran bawah sadar dan menjadi suatu keyakinan, dan dengan demikian menarik padanya segala sesuatu yang diperlukan untuk terealisasikannya impian tersebut.




§   Mengapa beberapa orang tidak mendapat kenaikan gaji

Kalau kita bekerja pada suatu organisasi yang benar, dan kita diam-diam tidak berpikir dan jengkel tentang kenyataan bahwa kita digaji rendah, bahwa kita kurang dihargai, dan bahwa kita pantas menerima gaji dan penghargaan lebih tinggi, dalam pikiran bawah sadar kita memutuskan tali pengikat kita dengan organisasi tersebut. Kita menggerakkan suatu hukum, dan pengawas atau manajer akan berkata, “Kami terpaksa melepas saudara.” Sebenarnya kita yang melepas diri sendiri. Manajer itu hanyalah alat bagi terealisasinya keadaan pikiran negatif kita. Inilah contoh hukum aksi dan reaksi. Aksinya adalah pikiran kita, dan reaksinya tanggapan dari pikiran bawah sadar kita.

§   Hambatan dan kesukaran di jalan menuju kekayaan

Saya yakin Anda pernah mendengar orang berkata, “Orang itu mempunyai usaha gelap.” “Ia seorang koruptor.” “Ia mendapatkan uang secara tidak jujur.” “Ia penipu”. “Aku mengenal dia waktu dia tidak punya apa-apa.” “Ia seorang penjahat, maling, dan penipu”.
       Kalau Anda menganalisis orang yang berbicara seperti, akan ternyata bahwa dia biasanya kekurangan dan menderita penyakit fisik dan keuangan. Mungkin bekas teman kerjanya mencapai sukses dan lebih berhadil daripada dia. Kini ia iri dan membenci kemajuan temannya itu. Acap kali inilah sebab kejatuhannya. Berpikir negatif tentang bekas teman sekelas dan mengutuk kekayaannya menyebabkan kekayaan dan kesejahteraan yang didambakannya hilang dan menjauh darinya. Ia mengutuk apa yang diinginkannya.
       Ia berdoa dengan dua arah. Di satu saat ia berkata, “Kekayaan mengalir kepadakuk sekarang,” dan di saat berikutnya, ia tanpa suara atau bersuara, berkata, “Aku membenci kekayaan orang itu.” Selalulah secara khusus menyatakan kegembiraan atas kekayaan orang lain.

§   Lindungilah investasi Anda

Kalau Anda mencari kebijaksanaan mengenai penanaman uang Anda, atau kalau Anda mencemaskan saham dan obligasi Anda, nyatakan secara diam-diam, “Inteligensia tertinggi menguasai dan mengawasi semua transaksi keuanganku, dan apa pun yang kulakukan akan mendatangkan keuntungan.” Lakukan ini sering kali dan akan ternyata bagi Anda bahwa penanaman uang itu bijaksana; apa lagi, Anda akan terlindung dari kerugian, karena Anda akan mendapat dorongan untuk menjual saham dan surat berharga Anda sebelum timbul kerugian bagi Anda.


§   Tidak mungkin mendapatkan sesuatu dari nol

Di toko-toko besar manajemen menggunakan detektif khusus untuk mencegah terjadinya pencurian. Setiap hari mereka menangkap sejumlah orang yang mau mendapatkan sesuatu dari nol. Orang-orang semacam itu hidup dalam suasana mental kekurangan dan keterbatasan dan mencuri dari diri mereka sendiri kedamaian, keserasian, kepercayaan diri. Selain itu, mereka menarik kepada diri sendiri segala macam kehilangan seperti kehilangan karakter, kehilangan harga diri, status sosial, dan kedamaian pikiran. Orang-orang ini tidak mempunyai kepercayaan kepada sumber persediaan dan pengertian tentang cara bekerjanya pikiran mereka. Kalau mereka mau dalam pikiran mereka minta bantuan kekuatan kepada pikiran bawah sadar dan menuntut agar mereka dibimbing ke terpenuhinya keinginan mereka, mereka akan menemukan pekerjaan dan penghasilan yang tetap. Lalu, karena kejujuran, kesungguhan, dan kegigihan, mereka akan menjadi orang yang terpercaya bagi diri sendiri maupun masyarakat pada umumnya.

§   Persediaan uang yang tetap

Menyadari kekuatan pikiran bawah sadar dan daya kreatif pikiran serta gambaran mental merupakan jalan menuju keberadaan, kebebasan, dan persediaan uang yang tetap. Terimalah kehidupan berlimpah dalam pikiran Anda sendiri. Penerimaan mental dan harapan akan kekayaan mempunyai matematika dan mekanikanya sendiri untuk terpenuhinya harapan itu. Setelah Anda memasuki suasana pikiran keberlimpahan, segala sesuatu yang diperlukan untuk kehidupan berekecukupan itu akan datang sendiri.
Hendaklah ini menjadi pernyataan harian Anda; tulislah ini dalam hati Anda: “Saya bersatu dengan kekayaan tak terbatas pikiran bawah sadarku. Adalah hak saya untuk menjadi kaya, untuk berbahagia, dan sukses. Uang mengalir kepadaku secara leluasa, banyak, dan tanpa henti. Saya senantiasa sadar akan nilaiku sendiri. Saya memberikan hasil bakatku secara Cuma-Cuma dan saya diberkati secara finansial. Sungguh mengagumkan.”

§   Langkah-langkah menuju kekayaan

1.         Beranilah menyatakan bahwa hak Andalah untuk menjadi kaya dan pikiran bawah sadar Anda akan menghormati pernyataan Anda.
2.         Anda tidak menginginkan sekedar cukup untuk tidak kelaparan. Anda membutuhkan semua uang Anda perlukan untuk melakukan segala sesuatu yang Anda inginkan dan pada waktu yang Anda kehendaki. Kenalilah kekayaan pikiran bawah sadar Anda.
3.         Bila uang beredar bebas dalam kehidupan Anda, Anda secara ekonomis sehat. Lihatlah uang seperti air pasang dan Anda akan selalu mempunyainya cukup berlimpah. Naik turunnya air pasang itu biasa. Bila air pasang sedang tidak ada, Anda yakin benar bahwa air pasang itu akan kembali.
4.         Asal Anda mengetahui hukum pikiran bawah sadar, Anda akan selalu mendapatkan persediaan juang, apa pun bentuknya.
5.         Salah satu sebab mengapa banyak orang hanya memiliki uang sekedar untuk tetap hidup dan tak pernah kecukupan benar adalah sikap mereka yang mengutuk uang. Apa yang Anda kutuk akan terbang menjauhi Anda.
6.         Jangan mendewakan uang. Uang itu hanya lambang. Ingat bahwa kekyaan yang sebenarnya ada di dalam pikiran Anda. Anda ada di sini untuk menjalani hidup yang imbang-ini mencakup adanya segala uang yang Anda perlukan.
7.         Jangan jadikan uang sebagai tujuan satu-satunya. Tuntutlah kekayaam, kebahagiaan, kedamaian, dan cinta, dan secarapribadi pancarkan cinta, dan kemauan baik kepada semua orang. Kalau begitu, pikiran bawah sadar Anda akan memberikan bunga berlipat ganda dalam segala bidang tersebut.
8.         Tidak ada keutamaan dalam kemiskinan, Kemiskinan adalah penyakit pikiran dan Anda harus menyembuhkan penyakit atau konflik mental ini secepatnya.
9.         Anda berada di isni tidak untuk hidup di gubuk, berpakaian compang-camping, atau menderita kelaparan. Anda di sini untuk hidup secara lebih berkelimpahan.
10.     Jangan pernah mengucapkan kata-kata, “Uang itu jahat” atau “Saya membenci uang.” Anda akan kehilangan apa yang Anda benci. Tidak ada sesuatu pun yang baik atau buruk, tetapi berpikir tentang sesuatu dengan menganggapnya baik atau buruk akan menjadikannya baik atau buruk.
11.     Ulangilah sering-sering, “Saya suka uang. Saya menggunakan uang dengan bijaksana, dan konstruktif. Saya mengeluarkan uang dengan senang hati, dan uang itu kembali berlipat ganda.
12.     Uang tidaklah lebih jahat daripada tembaga, timah, timbal, atau besi yang mungkin Anda temukan di dalam tanah. Segala kejahatan adalah akibat ketidaktahuan dan penyalahgunaan kekuatan pikiran.
13.     Menggambarkan hasil akhir di dalam pikiran akan mnyebabkan pikiran bawah sadar menjawab dan memenuhi gambaran mental Anda.
14.     Berhentiah mencoba mencari garis apa-apa dari nol. Tidak ada yang disebut makan gratis. Kita harus memberi untuk menerima. Kita harus memberikan perhatian pikiran kepada tujuan, cita-cita, dan usaha kita, dan pikiran bawah sadar kita akan mendukung kita. Kunci kekayaan adalah penerapan hukum pikiran bawah sadar dengan menanamkan gagasan kekayaan di dalamnya.


Komentar

Postingan Populer