HASIL PENELITIAN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP DOSEN
HASIL
PENELITIAN
KEPUASAN
MAHASISWA TERHADAP DOSEN
Disampaikan untuk Memenuhi Tugas
Mata Kuliah Statistika Ekonomi Lanjutan
Dosen Pengampu : Sri Widodo, S.E.
Disusun Oleh:
1.
ErinaIndriani (13133100109)
3.
FepyLailiHandayani (13133100009)
4.
SetiaziEfri ()
5. Yulius
Fajar Alvian Nugroho (1313100066)
PROGRAM STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
2014
BAB III
UJI VALIDITAS
3.1. TABEL
VARIABEL CARA MENGAJAR DOSEN
NO
|
PERTANYAAN
|
SIGNIFIKAN
|
KETERANGAN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
Sig.
(2-tailed)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Dosen tidak
membosankan ketika mengajar
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Dosen mengajar
tidak hanya membaca sama dengan materi
yang tertulis
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Dosen sabar dalam
mengajar sampai mahasiswa dapat memahami materi
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
4
|
Dosen rajin dalam meng-upload
materi ke e-learning
|
0.024
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
5
|
Dosen menyampaikan
materi mudah dipahami oleh mahasiswa
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
6
|
Dosen menjelaskan kepada mahasiswa dengan rinci
sehingga mahasiswa benar-benar mampu menyerap materi
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
7
|
Dosen tidak mengajar mahasiswa
dalam suasana yang tegang
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
8
|
Dalam penyampaian
materi, dosen tidak pernah membuat mahasiswa mengantuk
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
9
|
Dosen selalu energik
dalam mengajar
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
10
|
Dosen bersikap sabar
terhadap mahasiswa yang kurang pandai dalam menyerap materi
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
11
|
Dosen menegur mahasiswa
yang tidak konsen saat perkuliahan
|
0.002
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
12
|
Dosen mengajar sesuai
silabus
|
0.041
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
13
|
Dosen dapat
menciptakan suasana belajar yang menarik
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
14
|
Dosen menguasai
teknologi informasi dalam mengajar
|
0.155
|
Tidak
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
15
|
Dosen mampu memberikan
motivasi pada mahasiswa saat mengajar
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
16
|
Dosen sering
menggunakan bahasa inggris dalam mengajar mahasiswa
|
0.013
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
17
|
Dosen menciptakan
suasana yang nyaman bagi mahasiswanya
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
18
|
Dosen tidak berbelit-belit
saat menyampaikan materi
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
19
|
Dosen menyampaikan
materi selalu menggunakan power point
|
0.01
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
20
|
Dosen selalu
memberikan waktu untuk bertanya kepada mahasiswa
|
0.002
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
21
|
Dosen selalu memberi
materi tertulis (hand out) sebelum memulai materi
|
0.153
|
Tidak
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
22
|
Dosen menggunakan
surat elektronik (email) saat memberikan tugas
|
0.002
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
23
|
Dosen selalu
memberikan study kasus dalam mengajar
|
0.008
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
24
|
Dosen selalu
menyisipkan nilai-nilai moral di setiap pelajarannya
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
25
|
Dosen memberikan tugas
tambahan untuk mahasiswa yang mendapatkan nilai jelek
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
26
|
Dosen memberikan
kisi-kisi sebelum ujian
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
27
|
Dosen memberikan
materi melalui diskusi
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
KETERANGAN
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
Hasil Output dari uji validitas yang dihasilkan
dari SPSS tersebut menunjukkan bahwa masing-masing indikator terhadap total
skor variabel cara mengajar terdapat 2 indikator yang tidak signifikan karena
memiliki tingkat siginifikan lebih dari 5% yaitu untuk indikator A14 dan A21.
Indikator yang lain menunjukkan bahwa masing-masing nilai signifikan kurang
dari 5%. Jadi dapat disimpulkan bahwa masing-masing indikator pertanyaan
tersebut adalah valid pada tinggkat signifikan 5%. Indikator
dosen menguasai teknologi informasi dalam mengajar merupakan pertanyaan yang
tidak valid. Pertanyaan dosen selalu memberi materi tertulis (hand out)
sebelum memulai materi juga tidak valid karena memiliki nilai signifikan
lebih dari 5%.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.2
TABEL VARIABEL SISTEM PENILAIAN
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
NO
|
PERTANYAAN
|
SIGNIFIKAN
|
KETERANGAN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
Sig. (2-tailed)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Dosen mudah dalam
memberikan nilai
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Dosen selalu mengabsen
mahasiswa satu per satu
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Dosen memberi
penghargaan pada mahasiswa berprestasi
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
4
|
Dosen memberikan nilai
mahasiswa secara obyektif
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
5
|
Dosen tidak
mempersulit mahasiswa dalam memberikan nilai kepada mahasiswa yang
kehadirannya kurang
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
6
|
Dosen tidak memberikan
soal ujian yang sulit
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
7
|
Dosen memberikan nilai
tambah kepada mahasiswa yang aktif
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
8
|
Dosen terbuka dalam
memberikan komposisi penilaian
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
KETERANGAN
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
Hasil uji validitas dari masing-masing indikator
terhadap total skor variabel sistem penilaian menunjukkan hasil signifikan kurang
dari 5%. Jadi dapat disimpulkan bahwa masing-masing indikator pertanyaan dari
variabel sistem penilaian adalah valid pada tingkat signifikan 5%.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.3 TABEL VARIABEL PENAMPILAN
DOSEN
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
NO
|
PERTANYAAN
|
SIGNIFIKAN
|
KETERANGAN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
Sig. (2-tailed)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Dosen berpakaian rapi
(tidak pernah menggunakan kaos)
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Dosen selalu datang
dengan wajah menyenangkan
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Dosen berparas
cantik/ganteng
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
4
|
Dosen menggunakan
busana yang pantas di dalam kelas
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
5
|
Dosen berpenampilan
sederhana
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
KETERANGAN :
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
Hasil uji validitas dari masing-masing indikator
terhadap total skor variabel sistem penilaian menunjukkan hasil signifikan
kurang dari 5%. Jadi dapat disimpulkan bahwa masing-masing indikator
pertanyaan dari variabel sistem penilaian adalah valid pada tingkat
signifikan 5%
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.4 TABEL VARIABEL LATAR BELAKANG PENDIDIKAN
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
NO
|
PERTANYAAN
|
SIGNIFIKAN
|
KETERANGAN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
Sig. (2-tailed)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Dosen memiliki latar
belakang pendidikan S2
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Dosen berlatarbelakang
pendidikan yang sesuai dengan mata kuliah yang diajarkan
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Dosen lulusan dari
universitas terkemuka di Indonesia
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
KETERANGAN :
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
Hasil uji validitas dari masing-masing indikator
terhadap total skor variabel sistem penilaian menunjukkan hasil signifikan kurang
dari 5%. Jadi dapat disimpulkan bahwa masing-masing indikator pertanyaan dari
variabel sistem penilaian adalah valid pada tingkat signifikan 5%.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.5
TABEL VARIABEL PROFESIONAL
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
NO
|
PERTANYAAN
|
SIGNIFIKAN
|
KETERANGAN
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
Sig. (2-tailed)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Dosen selalu tepat
waktu dalam mengajar sesuai jadwal yang ditentukan Universitas
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Dosen mudah untuk
ditemui diluar jam perkuliahan
|
0.018
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Dosen tidak
menceritakan urusan pribadi disaat perkuliahan
|
0.017
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
4
|
Dosen menyampaikan
materi sesuai dengan inti permasalahan
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
5
|
Dosen memberi hukuman
terhadap kesalahan mahasiswa
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
6
|
Dosen tidak pernah
curhat saat mengajar
|
0.032
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
7
|
Dosen mau menyediakan
waktu khusus untuk bimbingan diluar jam perkuliahan
|
0.025
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
8
|
Dosen menguasai materi
yang diampunya
|
0.001
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
9
|
Dosen menginformasikan
terlebih dahulu saat tidak ada perkuliahan
|
0.002
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
10
|
Dosen selalu
memberikan hasil ujian kepada mahasiswa
|
0.002
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
11
|
Dosen berkenan
menjawab pertanyaan mahasiswa di luar jam pelajaran
|
0.001
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
12
|
Dosen tidak membeda-bedakan
mahasiswanya di tiap kelas
|
0.095
|
Tidak
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
13
|
Dosen tidak pernah
kosong dalam mengisi mata kuliah
|
0.002
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
14
|
Dosen datang tepat
waktu
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
15
|
Dosen selalu
mengakhiri perkuliahan sesuai jam yang telah ditentukan
|
0.006
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
KETERANGAN:
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
Hasil Output dari uji validitas yang dihasilkan
dari SPSS tersebut menunjukkan bahwa masing-masing indikator terhadap total
skor variabel cara mengajar terdapat 1 indikator yang tidak signifikan karena
memiliki tingkat siginifikan > 5% yaitu untuk indikator E12. Jadi dapat
disimpulkan bahwa masing-masing indikator pertanyaan tersebut adalah valid
pada tinggkat signifikan 5%. Indikator profesional dosen tidak
membeda-bedakan mahasiswanya di tiap kelas merupakan pertanyaan yang tidak
valid karena memiliki nilai signifikan >5%.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.6 TABEL VARIABEL SIKAP DOSEN
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
NO
|
PERTANYAAN
|
SIGNIFIKAN
|
KETERANGAN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
Sig.
(2-tailed)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Dosen mengajar tidak
sambil menggunakan HP di dalam kelas
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Dosen mengajar dengan
humoris
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Dosen tidak mudah
tersinggung
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
4
|
Dosen selalu menyapa
mahasiswa dimana saja
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
5
|
Dosen selalu bersikap
ramah kepada mahasiswa
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
6
|
Dosen mengapresiasi
setiap usulan mahasiswa
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
7
|
Dosen suka berbaur
dengan mahasiswa
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
8
|
Dosen selalu menggunakan
bahasa yang sopan saat perkuliahan
|
0.022
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
9
|
Dosen memberikan
contoh yang berperilaku baik
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
10
|
Dosen tidak pernah
mengantuk di kelas
|
0.399
|
Tidak
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
11
|
Dosen mampu memahami
karakter mahasiswa
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
12
|
Dosen menerima
pengaduan keluhan dari mahasiswa
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
13
|
Dosen tidak pernah
bersikap kaku terhadap mahasiswa
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
14
|
Dosen tidak pernah
ingin menang sendiri
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
15
|
Dosen tidak pernah
bersikap atau berkata-kata kasar
|
0.004
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
16
|
Dosen tidak pernah
mengeluh "capek" saat mengajar karena telah mengajar dari pagi
|
0
|
Valid
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
KETERANGAN
Hasil Output dari uji validitas yang dihasilkan dari
SPSS tersebut menunjukkan bahwa masing-masing indikator terhadap total skor
variabel cara mengajar terdapat 1 indikator yang tidak signifikan karena
memiliki tingkat siginifikan > 5% yaitu untuk indikator F10. Indikator yang
lain menunjukkan bahwa masing-masing nilai signifikan <5%. Jadi dapat
disimpulkan bahwa masing-masing indikator pertanyaan tersebut adalah valid pada
tinggkat signifikan 5%. Indikator dosen tidak pernah
mengantuk di kelas merupakan pertanyaan
yang tidak valid.
3.7. TABEL VARIABEL TOLERANSI DOSEN TERHADAP
MAHASISWA
NO
|
PERTANYAAN
|
SIGNIFIKAN
|
KETERANGAN
|
||||
Sig.
(2-tailed)
|
|||||||
1
|
Dosen memberikan
toleransi waktu keterlambatan bagi mahasiswa
|
0.001
|
Valid
|
||||
2
|
Dosen selalu
memberikan perhatian khusus terhadap mahasiswa yang kurang memahami materi
|
0
|
Valid
|
||||
3
|
Dosen tidak pernah
marah saat mengajar apabila ada yang membuat gaduh sendiri
|
0.115
|
Tidak
Valid
|
||||
4
|
Dosen tidak memberikan
peraturan yang memberatkan mahasiswanya
|
0.008
|
Valid
|
||||
5
|
Dosen memberikan
toleransi kepada mahasiswa yang terlambat mengumpulkan tugas
|
0
|
Valid
|
||||
6
|
Dosen memberikan
toleransi kepada mahasiswa untuk masuk kelas walaupun mahasiswa datang
terlambat lebih dari 15 menit
|
0.001
|
Valid
|
||||
Hasil Output dari uji validitas yang dihasilkan dari
SPSS tersebut menunjukkan bahwa masing-masing indikator terhadap total skor
variabel cara mengajar terdapat 1 indikator yang tidak signifikan karena
memiliki tingkat siginifikan lebih dari 5% yaitu untuk indikator G3. Indikator
yang lain menunjukkan bahwa masing-masing nilai signifikan kurang dari 5%. Jadi
dapat disimpulkan bahwa masing-masing indikator pertanyaan tersebut adalah
valid pada tinggkat signifikan 5%. Indikator dosen tidak pernah marah
saat mengajar apabila ada yang membuat gaduh sendiri merupakan pertanyaan yang tidak valid.
H. KEPUASAN MAHASISWA
|
||||||||
NO
|
PERTANYAAN
|
SIGNIFIKAN
|
KETERANGAN
|
|||||
Sig.
(2-tailed)
|
||||||||
1
|
Saya puas dengan cara
mengajar dosen yang menyenangkan
|
0
|
Valid
|
|||||
2
|
Saya puas dengan
sistem penilaian dosen yang obyektif
|
0
|
Valid
|
|||||
3
|
Saya puas dengan
penampilan dosen yang rapi saat mengajar
|
0
|
Valid
|
|||||
4
|
Saya puas dengan latar
belakang pendidikan dosen yang sesuai dengan mata kuliah yang beliau ajarkan
|
0
|
Valid
|
|||||
5
|
Saya puas dengan
penjelasan dosen saat mengajar yang mudah untuk dipahami
|
0
|
Valid
|
|||||
6
|
Saya puas dengan sikap
dosen yang tidak mudah tersinggung
|
0
|
Valid
|
|||||
7
|
Saya puas dengan sikap
dosen yang memberikan toleransi kepada mahasiswa saat terlambat
|
0
|
Valid
|
|||||
8
|
Saya puas dengan dosen
yang memberikan materi terlebih dahulu sebelum mengajar
|
0.001
|
Valid
|
|||||
9
|
Saya puas dengan dosen
yang rajin mengupload materi di e-learning
|
0.002
|
Valid
|
|||||
10
|
Saya puas dengan sikap
dosen yang ramah dengan mahasiswa
|
0
|
Valid
|
|||||
11
|
Saya puas dengan dosen
yang selalu datang tepat waktu
|
0.002
|
Valid
|
|||||
12
|
Saya puas dengan dosen
yang memahami karakter mahasiswa
|
0
|
Valid
|
|||||
13
|
Saya puas dengan dosen
yang menguasai teknologi informasi
|
0.001
|
Valid
|
|||||
14
|
Saya puas dengan dosen
yang menghargai prestasi mahasiswa
|
0
|
Valid
|
|||||
15
|
Saya puas dengan dosen
yang berkenan menjawab pertanyaan di luar jam perkuliahan
|
0
|
Valid
|
|||||
16
|
Saya puas dengan dosen
yang tidak membeda-bedakan mahasiswanya
|
0
|
Valid
|
|||||
17
|
Saya puas dengan dosen
yang mengajar sesuai dengan silabus
|
0
|
Valid
|
|||||
18
|
Saya puas dengan dosen
yang mampu memberikan motivasi kepada mahasiswa
|
0
|
Valid
|
|||||
19
|
Saya puas dengan
penampilan dosen yang sederhana
|
0
|
Valid
|
|||||
20
|
Saya puas dengan dosen
yang mudah ditemui
|
0
|
Valid
|
|||||
KETERANGAN:
|
||||||||
Hasil uji validitas dari masing-masing indikator
terhadap total skor variabel sistem penilaian menunjukkan hasil signifikan
<5%. Jadi Jadi dapat disimpulkan bahwa masing-masing indikator pertanyaan
dari variabel sistem penilaian adalah valid pada tingkat signifikan 5%
|
||||||||
BAB
V
UJI REABILITAS
TABEL
UJI REALIBILITY
No.
|
VARIABEL
|
Cronbach's Alpha
|
Keterangan
|
|
1
|
Cara Mengajar Dosen
|
0.897
|
Reliable
|
|
2
|
Sistem Penilaian
|
0.783
|
Reliable
|
|
3
|
Penampilan Dosen
|
0.736
|
Reliable
|
|
4
|
Latar belakang Pendidikan
|
0.686
|
Reliable
|
|
5
|
Profesional
|
0.682
|
Reliable
|
|
6
|
Sikap Dosen
|
0.892
|
Reliable
|
|
7
|
Toleransi Dosen Terhadap Mahasiswa
|
0.243
|
Tidak
Reliable
|
|
8
|
Kepuasan Mahasiswa
|
0.906
|
Reliable
|
|
KESIMPULAN
|
||||
1.
Indikator dari variabel cara mengajar menghasilkan
Cronbach's Alpha 89,7 %, yang menurut kriteria Nunnally dapat disimpulkan
bahwa indikator tersebut cukup reliable karena memiliki nilai Cronbach's
Alpha > 60 %.
|
||||
2.
Indikator dari variabel Sistem Penilaian
menghasilkan Cronbach's Alpha 78,3 %, yang menurut kriteria Nunnally dapat
disimpulkan bahwa indikator tersebut cukup reliable karena memiliki nilai
Cronbach's Alpha > 60 %.
|
||||
3.
Indikator dari variabel Penampilan Dosen
menghasilkan Cronbach's Alpha 73,6%, yang menurut kriteria Nunnally dapat
disimpulkan bahwa indikator tersebut cukup reliable karena memiliki nilai
Cronbach's Alpha > 60 %.
|
||||
4.
Indikator dari variabel Latar belakang Pendidikan
menghasilkan Cronbach's Alpha 68,6 %, yang menurut kriteria Nunnally dapat
disimpulkan bahwa indikator tersebut cukup reliable karena memiliki nilai
Cronbach's Alpha > 60 %.
|
||||
5.
Indikator dari variabel Profesional menghasilkan
Cronbach's Alpha 68,2 %, yang menurut kriteria Nunnally dapat disimpulkan
bahwa indikator tersebut cukup reliable karena memiliki nilai Cronbach's
Alpha > 60 %.
|
||||
6.
Indikator dari variabel Sikap Dosen menghasilkan
Cronbach's Alpha 89,2%, yang menurut kriteria Nunnally dapat disimpulkan
bahwa indikator tersebut cukup reliable karena memiliki nilai Cronbach's
Alpha > 60 %.
|
||||
7.
Indikator dari variabel Toleransi Dosen Terhadap
Mahasiswa menghasilkan Cronbach's Alpha 24,3%, yang menurut kriteria Nunnally
dapat disimpulkan bahwa indikator tersebut tidak reliable karena memiliki
nilai Cronbach's Alpha < 60 %
|
||||
8.
Indikator dari variabel Kepuasan Mahasiswa
menghasilkan Cronbach's Alpha 90,6 %, yang menurut kriteria Nunnally dapat
disimpulkan bahwa indikator tersebut cukup reliable karena memiliki nilai
Cronbach's Alpha > 60 %
|
||||
BAB
VI
UJI
HIPOTESA
6.1 Model Summary Table
|
|||||||||
Model
|
R
|
R Square
|
Adjusted R Square
|
Std. Error of the Estimate
|
Change Statistics
|
||||
R Square Change
|
F Change
|
df1
|
df2
|
Sig. F Change
|
|||||
1
|
.791a
|
.626
|
.565
|
6.109
|
.626
|
10.288
|
7
|
43
|
.000
|
|
6.2 Coefficientsa
Table
|
||||||||
Model
|
Unstandardized
Coefficients
|
Standardized
Coefficients
|
t
|
Sig.
|
95%
Confidence Interval for B
|
|||
B
|
Std.
Error
|
Beta
|
Lower
Bound
|
Upper
Bound
|
||||
1
|
(Constant)
|
15.139
|
9.963
|
|
1.519
|
.136
|
-4.954
|
35.231
|
CARA MENGAJAR
|
.551
|
.133
|
.688
|
4.141
|
.000
|
.283
|
.820
|
|
SISTEM PENILAIAN
|
.132
|
.285
|
.063
|
.463
|
.646
|
-.443
|
.708
|
|
PENAMPILAN
|
-.143
|
.479
|
-.043
|
-.298
|
.767
|
-1.109
|
.823
|
|
LATAR BELAKANG
PENDIDIKAN
|
1.028
|
.628
|
.178
|
1.636
|
.109
|
-.239
|
2.295
|
|
PROFESIONAL
|
-.291
|
.235
|
-.145
|
-1.236
|
.223
|
-.765
|
.184
|
|
SIKAP
|
.162
|
.177
|
.138
|
.914
|
.366
|
-.195
|
.519
|
|
TOLERANSI TERHADAPMAHASISWA
|
.069
|
.138
|
.049
|
.502
|
.618
|
-.209
|
.347
|
|
Dependent Variable: KEPUASANMAHASISWA
|
|
|
|
|
|
PERSAMAAN
REGRESI
y=
15,139+0,551 x1+0,132 x2-0,143 x3+1,028 x4-0,291
x5+0,162 x6+0,069 x7
Keterangan
:
X1
: Cara Mengajar
X2:
Sistem Penilaian
X3: Penampilan
X4:
Latar Belakang Pendidikan
X5:
Profesional
X6:
Sikap
X7:
Toleransi Terhadap Mahasiswa
Dari
data di atas dapat diambil kesimpulan
HIPOTESIS
|
NILAI SIG
|
PERNYATAAN
|
KETERANGAN
|
Cara Mengajar Dosen
|
0,000
|
0,000<0,05
|
Cara mengajar dosen berpengaruh terhadap kepuasan
mahasiswa karena nilai sig < 0,05
|
Sistem Penilaian
|
0,646
|
0,646>0,05
|
Sistem peniliaian dosen tidak berpengaruh terhadap
kepuasan mahasiswa karena nilai sig > 0,05
|
Penampilan
|
0,767
|
0,767>0,05
|
Penampilan dosen tidak berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa karena nilai sig
> 0,05
|
Latar
Belakang Pendidikan
|
0,109
|
0,109>0.05
|
Latar Belakang Pendidikan dosen tidak berpengaruh terhadap kepuasan
mahasiswa karena nilai sig > 0,05
|
Profesional
|
0,223
|
0,223>0.05
|
Profesional dosen tidak berpengaruh terhadap kepuasan
mahasiswa karena nilai sig > 0,05
|
Sikap
|
0,366
|
0,366>0,05
|
Sikap dosen tidak berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa karena nilai sig
> 0,05
|
Toleransi
Terhadap Mahasiswa
|
0,618
|
0,618>0,05
|
Toleransi Terhadap Mahasiswa dosen tidak berpengaruh terhadap kepuasan
mahasiswa karena nilai sig > 0,05
|
Komentar
Posting Komentar