ANALISIS SWOT PT. PERKEBUNAN NUSANTARA
Analisis SWOT (SWOT Analysis) yang meliputi :
1.
Kekuatan (Strength)
Meliputi
kemampuan internal, sumber daya, dan faktor situasional positif yang dapat
membantu perusahaan melayani pelanggannya dan mencapai tujuannnya. Kekuatan
dari PT. Perkebunan Nusantara yaitu mampu menjaga eksistensi produk kopi
robusta mulai dari tahun 1911 hingga sekarang. Hal itu membuktikan bahwa
masyarakat sudah mengenal produk tersebut karena bahkan produk tersebut sudah
di ekspor sampai ke luar negeri. Ekspor telah dilakukan di negara asia seperti
Negara Jepang.
2.
Kelemahan (Weaknesses)
Meliputi
keterbatasan internal dan faktor situasional negatif yang dapat menghalangi
performa perusahaan. Kelemahan dari PT. Perkebunan Nusantara adalah terletak
pada ketersediaan bahan baku. Mempunyai empat perkebunan salah satunya adalah
milik perusahaan sendiri. Pemanenan kopi biasanyab hanya setahun sekali
sehingga tergantung pada musim. Perusahaan harus mampu mengontrol persediaan
agar tepat penggunaannya.
3.
Peluang (Opportunity)
Adalah
faktor yang menguntungkan pada lingkungan eksternal yang dapat digunakan perusahaan
untuk memeroleh keuntungan. PT. Perkebunan Nusantara merupakan salah satu
pabrik kopi yang ada di wilayah Semarang sehingga akses untuk distribusi hasil
produksi sangat mudah. Baik dari jalur darat, laut maupun udara. Apabila
pendistribusian lancer maka tujuan produksi bisa di capai.
4.
Ancaman (Threats)
Faktor
pada lingkungan eksternal yang tidak menguntungkan yang menghadirkan tantangan
bagi performa perusahaan. Banyak pesaing yang mengeluarkan produk sejenis yaitu
kopi robusta. Perlu perhatian khusus untuk menghadapi pesaing-pesaing yang ada.
Caranya adalah selalu melakukan inovasi dan kreativitas produk. Baik dari
kemasan maupun promosi-promosi.
Komentar
Posting Komentar