ANALISIS SWOT PT. PERKEBUNAN NUSANTARA




Analisis SWOT (SWOT Analysis) yang meliputi :
1.      Kekuatan (Strength)
Meliputi kemampuan internal, sumber daya, dan faktor situasional positif yang dapat membantu perusahaan melayani pelanggannya dan mencapai tujuannnya. Kekuatan dari PT. Perkebunan Nusantara yaitu mampu menjaga eksistensi produk kopi robusta mulai dari tahun 1911 hingga sekarang. Hal itu membuktikan bahwa masyarakat sudah mengenal produk tersebut karena bahkan produk tersebut sudah di ekspor sampai ke luar negeri. Ekspor telah dilakukan di negara asia seperti Negara Jepang.
2.      Kelemahan (Weaknesses)
Meliputi keterbatasan internal dan faktor situasional negatif yang dapat menghalangi performa perusahaan. Kelemahan dari PT. Perkebunan Nusantara adalah terletak pada ketersediaan bahan baku. Mempunyai empat perkebunan salah satunya adalah milik perusahaan sendiri. Pemanenan kopi biasanyab hanya setahun sekali sehingga tergantung pada musim. Perusahaan harus mampu mengontrol persediaan agar tepat penggunaannya.
3.      Peluang (Opportunity)
Adalah faktor yang menguntungkan pada lingkungan eksternal yang dapat digunakan perusahaan untuk memeroleh keuntungan. PT. Perkebunan Nusantara merupakan salah satu pabrik kopi yang ada di wilayah Semarang sehingga akses untuk distribusi hasil produksi sangat mudah. Baik dari jalur darat, laut maupun udara. Apabila pendistribusian lancer maka tujuan produksi bisa di capai.
4.      Ancaman (Threats)
Faktor pada lingkungan eksternal yang tidak menguntungkan yang menghadirkan tantangan bagi performa perusahaan. Banyak pesaing yang mengeluarkan produk sejenis yaitu kopi robusta. Perlu perhatian khusus untuk menghadapi pesaing-pesaing yang ada. Caranya adalah selalu melakukan inovasi dan kreativitas produk. Baik dari kemasan maupun promosi-promosi.

Komentar

Postingan Populer