CONTOH NOTULEN
NOTULENSI
RAPAT PENGURUS
PC
IPNU-IPPNU KABUPATEN BANTUL
Hari, Tanggal : Ahad/ 8 November 2015
Waktu :
11.30-13.30
Tempat :
Rumah Rekan Anggi Jatmiko
Butuh Lor, Triwidadi, Pajangan, Bantul
Pemimpin Rapat : Rekan M. Aqimudin
Acara :
Rapat Rutin Pengurus
Notulis :
Rekanita Fepy Laili Handayani
HASIL MUSYAWARAH
1. Pembagian tugas perbendaharaan yaitu
Ø
Rekan
Ilmi : Bendahara umum
Ø
Rekan
Aqim : Koordinator kas untuk kepanitiaan
acara
Ø
Rekanita
Nia : Koordinator kas harian/ pertemuan
rutin
Ø
Rekanita
Ninik : Koordinator kas untuk dana
sosial
2. MAKESTA PUNDONG
(Sabtu-Ahad, 14-15 November 2015, di MI Maulana Maghribi Watu,
Panjangrejo, Pundong, Bantul)
Ø
Koordinator : Rekanita Isna Arifatun
Ø Pembagian pengisi materi
a. KeIPNU-IPPNUan (Sabtu, 14 November 2015 Pukul 19.00-20.00)
Rekan Miqdam & Rekanita Amin
b. Kepemimpinan (Sabtu, 14 November 2015 Pukul
20.00-21.00)
Rekan Arif
c. Keorganisasian (Sabtu, 14 November 2015
Pukul 21.00-22.00)
Rekan Anggi
d. Renungan dan Pembaiatan (Ahad 15 November
2015 Pukul 03.00)
Rekan Cahyo
e. Analisa Diri (Ahad, 15 November 2015 Pukul 10.30-11.00)
Rekanita Rizki
Ø
Sekretaris dimohon menyiapkan teks
pembaiatan
3. MAKESTA PLERET
Ø Koordinator :
Rekan Saiful
Ø Pengisi Materi : Rekan Sidik dan Rekan Sholihah
Ø Rekan Defiq stand by di Makesta Pleret
4. HARLAH PAC SEDAYU
Ø
Acara
potong tumpeng sabtu, 28 November 2015 dimohon kehadiran semua pengurus PC
Ø
Outbond
pada hari Ahad, 29 November 2015
Koordinator : Rekan Cahyo dan
Rekanita Dita
Perkiraan
Jumlah peserta outbond : 25 Orang
5. KONGGRES IPNU 2015
Tanggal
4-8 Desember 2015 di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah
Ø Pengiriman peserta Kongres
IPNU :
Sidik, Cahyo, Miqdam, Defik
IPPNU :
Amin, Nunung, Dita , Zanu
Ø Lembaga ekonomi diharapkan segera
menyiapkan untuk display stand.
Pemimpin Rapat Notulis
(M. Aqimudin) ( Fepy L.H.)
NOTULENSI
ACARA DISEMENASI KEPALANGMERAHAN 2015
Hari/tanggal : Sabtu, 5 Desember 2015
Waktu Rencana : 20.30-21.30 WIB Waktu
Aktual : 20.45-21.45 WIB
Tempat :
Rumah Bapak Dukuh Hafidz Masturi Ali
Nglembu RT 001, Panjangrejo, Pundong, Bantul
Pimpinan :
Angge Susanto
Notulen :
Novita
Presensi :
(Ada di daftar hadir)
Agenda :
1. Pembukaan
2. Pengenalan donor darah
3. Penyampaian materi tentang donor darah
4. Tanya Jawab
5. Penutup
Hasil
:
1. Pembukaan
Oleh
: Angge Susanto
2.
Pengenalan Donor Darah
- Perkenalan anggota
- Pengantar Donor Darah
3.
Penyampaian Materi Donor Darah
-
Pemateri 1 (Suci Rifa)
-
Pemateri 2 (Fepy Laili)
Pertanyaan
:
#Koran Kampus :
1. Bagaimana
jika dana yang diberikan dari Ditmawa digunakan untuk pembeliaan barang
elektronik seperti SLR, karena itu yang dibutuhkan untuk kegiatan operasional
Korpus? terus jika ada kegiatan yang dananya kurang dari Rp 500.000, kemudian
ingin di merger, tetapi kegiatannya saling berlainan atau tidak ada hubungan,
itu bagaimana? atau juga jika sudah digabung tetapi dananya tetap tidak
mencapai Rp 500.000?
Jawaban
:
Untuk masalah
pendanaan, penggunaan dana untuk pembelian tidak diizinkan, misalnya membeli
SLR, Camdig, Notebook, dll, dalam artian membeli barang elektronik baru. Akan
tetapi boleh digunakan untuk penggantian barang yang elektronik yang rusak.
Jadi laporan pertanggungjawaban bukan pembelian SLR baru, tetapi perbaikan SLR
Pertanyaan
lanjutan…
Jika seperti itu, berarti UKM sepakbola
tidak boleh beli bola dunk? Kan tidak diperbolehkan beli barang-barang,
pengadaan bola kan bagian dari kegiatan operasial, sama hal pengadaan SLR atau
Camdig bagi buat Korpus?
Jawaban:
Bola boleh dimasukkan karena bukan
barang elektronik, sedangkan SLR atau Camdig barang elektronik dan harganya
juga tinggi.
·
Informasi :
Jumlah rekapan dana dari RKAT yang
telah masuk mencapai 2 miliyar lebih, sedangkan dana yang tersedia dari ditmawa
untuk tahun ini hanya sekitar 1 milyar. Diharapkan dapat menyesuaikan.
Jawaban
Lanjut….
Dana yang kurang dari Rp 500.000, tetapi
tidak ada kegiatan yang berhubungan, maka sebaiknya dibuat rangkaian kegiatan
saja, begitupula jika beberapa kegiatan yang sudah di merger tetapi tetap
kurang dari Rp 500.000, maka dibuat saja rangkaian kegiatan dengan kegiatan
yang lain.
Contoh:
Kegiatan untuk mading hanya Rp 300.000, maka
sebaiknya agar menjadi minimal Rp 500.000, buat saja rangkaian kegiatan,
misalnya “Optimalisasi Media” yang tidak hanya berisi kegiatan untuk mading
saja, tetapi juga media publikasi lainnya, seperti selebaran, pamphlet, sms
center, dll.
#
Dari KSR
2. Pelantikan
yang jatuh pada bulan November/Desember, itu dananya bagaimana?
Jawaban
Pelaksanaan Kegiatannya harus sesuai
dengan periode pencairan dana dari Ditmawa. Diharapkan kegiatan-kegiatan yang
memakai dana Ditmawa sudah selesai minggu ke-4 Oktober, dan Minggu ke-1
November sudah diminta LPJ atau LAT-nya.
Kegiatan yang dilaksanakan setelah bulan
Oktober sebaiknya tidak menggunakan dana kemahasiswaan.
Untuk kegiatan-kegiatan yang
pelaksanaanya tidak bisa diganggu gugat dan harus dilaksanakan setelah bulan
Oktober, seperti Pesta Sains di MIPA atau berbagai Kejuaraan di UKM, sebaiknya
untuk UKM gunakan dana kompetitif dengan mengajukan Proposal ke Ditmawa,
sedangkan untuk kegiatan BEM atau Himpro lebih memaksimalkan dan dari luar atau
non IPB. Karena untuk kegiatan-kegiatan yang cukup besar dan bersifat eventual,
persentase dana IPB-nya sangat kecil dibandingkan Dana Non IPB, jadi lebih
dimaksimalkan untuk dana Non IPB-nya.
Jangan jadikan dana kemahasiswaan sebagai
tumpuan dalam melaksanakan suatu kegiatan. Dana kemahasiswaan bukan merupakan
dana utama, tetapi lebih bersifat bantuan.
#Andino
( DPM F )
3. Jika
ada dari kegiatan A yang bersisa, sementara kegiatan B kekruangan dana, boleh
tidak saldo dana dari Kegiatan A dialokasikan untuk kegiatan B?
Jawaban
:
Dana kemahasiwaan sifatnya sebenarnya
tidak saklek. Saldo dana yang sisa dapat digunakan untuk program lainnya.
Dengan catatan harus ada keterangan. Jadi beri keterangan bahwa saldo dana
kegiatan A akan digunakan sebagai sumber dana kegiatan B.
Sebenarnya ketika dana kegiatan itu ada
sisa, maka 30% boleh untuk panitia dan 70% dikembalikan ke lembaga sebagai kas.
Nah kas ini dapat digunakan sebagai sumber dana untuk kegiatan yang lain.
Tolong untuk ke
depan, dalam penyusunan anggaran maupun laporan keuangan, dicantumkan sumber
dananya dari mana saja, baik itu yang dari IPB maupun non IPB baik itu sponsor,
kas, saldo dari kegiatan lain, dsb (Harus
dan disebutkan sedetail mungkin, jika misal dapat sponsor 10 perusahaan,
maka 10 perusahaan tersebut harus disebutkan beserta dana yang diberikan)
#Indah
( BEM G)
4. Untuk
kode indikator kan tadi disampaikan tidak boleh menggunakan kode indikator 2.7,
4, dan 5, nah kemaren dari BEM G ada kode indikator 4 dan 5 karena berkaitan
dengan Beasiswa atau kesejahteraan mahasiswa, apa harus diganti atau bagaimana?
Terus untuk pesta sains tetap tidak bisa dimajukan karena sudah acara tahunan
dan selalu jatuh di bulan November, bagaimana dengan dana dan LPJnya kalau LPJ
nya diminta diawal November?
Jawaban
:
Untuk kegiatan yang menggunakan dana
kemahasiswaan LPJ tetap diminta awal bulan November. Jadi sebaaiknya untuk
Pesta Sains memaksimalkan dana dari non IPB. Akan tetapi, jika ada rangkaian
acara sebelum puncak acara dan jatuh di bulan Oktober, maka kegiatan itulah
yang akan diminta LPJ-nya jika menggunakan dana kemahasiswaan.
Kode
Indikator:
Untuk kode
indikator 4 dan 5 yang berisi tentang kesejahteraan, itu adalah programnya
Ditmawa dalam memberikan kesejahteraan mahasiswa seperti pemberian beasiswa.
Kode tersebut tidak diperuntukkan ke Lembaga Kemahasiswaan. Meskipun lembaga
kemahasiswaan memiliki program kerja seperti Pokja SPP atau yang berkaitan
dengan beasiswa lainnya, itu masuknya ke ranah sosial, jadi silahkan diisi
dengan kode indikator 2.. atau 3.. yang sesuai denga ranah sosial
Info-Info
:
Informasi
tanggal 13 Feb ada forum AdminKeu,
Forum
Sekretaris dan Bendahara dipisah,
Tempat
RK Fak 14 A dan B (tanggut), pukul 19.00-20.45 Wib
Setiap perwakilan yang hadir harus
membawa surat mandate dari Ketua LK. Tujuannya adalah mewakili suara dari LK
masing-masing karena nanti akan ada kesepakatan-kesepakatan yang akan dicapai.
Jadi sangat tidak diinginkan apabila Sekretaris-Bendahara yang hadir menyetujui
kesepakatan forum, tetapi Ketua LK atau anggota LK lainnya tidak menyetujui. Salah
satu kesepakatan yang ingin dicapai yaitu fiksasi dana.
Lokakarya tanggal
19 tidak akan membahas masalah Keuangan, Proker, dan ranah kerja karena
masalah-masalah tersebut akan dilaksanakan pada pralokakarya.
4.
Diskusi
Kak
Intan dan Kak Tegar (Panitia Lokakarya dan Sekjen MPM KM)
ð Lokakarya
à
Suatu forum yang memecahkan suatu permasalahan tertentu.
ð Tindak
lanjut dari Muker
ð Saat
pra lokakarya akan di review kembali
hasil Muker yang telah dicapai.
ð Diminta
database dari 3 tahun terakhir, untuk melihat minat mahasiswa berorganisasi dan
merumuskan masalah untuk dibahas saat forum minat mahasiswa.
ð Bagi
yang belum mengumpulkan diharapkan untuk segera mengumpulkan.
ð Akan
dirumuskan pula solusi dari penurunan minat mahasiswa di Lembaga Kemahasiswaan.
ð Bahasan
yang paling penting adalah dana. Dana sangat urgent, dan output dari lokakrya
adalah ploting dana
Pertanyaaan
Dimas
DPM G
Apakah terbatas
disana hanya akan terbatas membahas isu tersebut saja? Apakah tidak ada bahasan
tentang pemilihan Rektor karena tahun ini kita akan ada pergantian Rektor?
Jawaban :
Permasalahan-permasalahan
akan dibahas di Forum ranah kerja (saat pralokakarya). Akan tetapi tidak
terlalu fokus ke pemilihan Rektor. Mungkin itu dapat dibahas di forum BEM ya
yang lebih berkaitan dengan pergerakan mahasiswa. Yang akan lebih ditekankan
adalah isi dari GBHO, dimana GBHO tahun ini mengawal pemilihan Rektor. GBHO
adalah panduan untuk LK manapun tetapi sesuai spesifikasi. Pemilihan Rector
tidak perlu di bahas lagi karena sudah jelas tertera di GBHO.
Tema Lokakarya: “IPB Prima organisasi
menuju IPB Prima Prestasi”
Pembahasan ulang oleh Kak Intan tentang
tahapan Pralokakarya
Pra
lokakarya Forum Ranah kerja :
DPM
(PJ Baehaki ) R.Komputer Kanan
BEM
(PJ Presma) R.Sekret BEM KM
HIMPRO
(PJ Auzan) R.Sidang SC
UKM
Non Orsen ( PJ Tegar ) RRK
UKM
ORSEN ( PJ Prama ) R. Komputer Kiri
ð Jika
ada fokus kerja yang ingin dibahas silahkan dibahas
ð Akan
ada data dari DPM KM mengenai RKAT, karena ada beberapa program kerja yang
tidak sesuai dengan ranah kerja.
ð Proker
dapat disinergiskan
ð Ada
Timeline pelaksanaan Proker, karena biasanya numpuk di bulan September dan
Oktober
Pertanyaan
:
# NN
Berkaitan dengan
ranah kerja, misalkan ada jadwal yang bentrok. Bagaimana kita tahu kegiatan
tersebut bentrok jika tidak ada pemberitahuan ke kita bahwa yang bentrok adalah
kegiatan ini, itu, atau yang mana?
Jawaban
:
Silahkan membawa
RKAT masing-masing nanti pada saat pembahasan di forum ranah kerja. Nanti juga
akan diberikan data atau rekapan evaluasi RKAT dari DPM KM.
Info-Info
:
#Tanggal
11 Februari akan ada briefing bahan untuk forum ranah kerja.
#Harus
membuat surat mandat
#
Untuk Ketua LK harus hadir
#
di forum ranah KM harus ada aksi nyata dan teknisnya, karena di RKAT hanya
konsepnya
#
Tujuan grand design masing-masing LK
akan dibahas pada tanggal 14 feb
# Panitia
Lokakarya tetap akan mengawasi di forum wilayah ( notulensi )
#
Akan di presentasikan di Lokakarya (termasuk grand design wilayah)
#
WaDek akan diundang pada Lokakarya
Pertanyaan
:
DPM
A ( Jamil)
Konten pada
forum wilayah tanggal 14 Feb, apakah grand
design aja? Sebenarnya apa si nitu Grand
design?
Jawaban
:
Grand
Design adalah gambaran umum LK mau seperti apa. Dijabarkan
melalui Visi dan Misi tahun ini dalam rangka mensinergikan proker yang ada. Dalam
penyusunan Grand Design ada
tahapannnya dan tidak bisa sembarangan. Intinya adalah tujuan bersama dan output
yang ingin dicapai suatu organisasi.
@
Forum Minat Mahasiswa ( 15 feb ) @GKA
# Range
data minat mahasiswa di LK 3 tahun terakhir
# yang belum mengirimkan data kepngurusan
3 tahun trakhir dapat di kirim ke Intan (085782248717)
#Ditujukan ke mahasiswa umum dan
khususnya LK
#Pembahasan akan di bawa ke Lokakarya
#Mengundang Pak Arif Munandar (Organisasi
Berkarakter )
#Minat Mahasiswa oleh Pak Rimbawan
#Tanggal 16 Feb Forum Cadangan
Info-Info
:
#Harapannya sosialisasi ada pemberitahuan info
diawal sehingga ada persiapan rangkaian Lokakarya.
#Peran Ketua LK sangat berperan,,membawa
pendapat-pendapat di LK-nya masing-massing
#Grand
Design (bentuk slide) dikumpulkan 17 Feb pukul 23.59 ke email dpm km
#Mempersiapkan diri untuk presentasi
mengenai grand design di lokakarya
Pertanyaan
:
#
NN
Untuk yang presentasi perwakilan saja
atau setiap LK ?
Jawaban
:
Iya, satu fakultas 1 perwakilan saja.
Info-Info
:
#Bisa menghubungi CP yang sudah tertera
mengenai rangkaian LokaKarya,,
# RKAT yang sudah di cek dan diberikan masukan akan
dikirimkan agar dapat diketahui kegiatan-kegiatan yang sekiranya harus
direvisi,,
#RKAT akan dikirim ke email dpm fakultas untuk LK
Fakultas, bagi DPM Fak silahkan dikoordinir. Yang punya wewenang untuk
mengoordinir adalah DPM Fakultas.
#Untuk UKM akan dikirim ke email UKM
massing-massing.
# LPJ terkait penggunaan dana 500rb yang diberikan
saat MUKER, format menyesuaikan (sesuai yang ditampilkan di slide), dikumpulkan
maksimal tanggal 18 Feb
# Jangan mengirimkan data dalam bentuk
PDF, karena data harus diolah
# Kalau ada sisa dana ditulis saldonya berapa
dan akan digunakan untuk kegiatan apa.
#Sebisa mungkin dan yang 500rb itu tidak
ada sisanya.
#Jangan membuat dengan format lain, buat
sesuai dengan format yang telah diberikan
#difix-kan kembali tanggal proker yang
akan dibuat karena akan dibuat Buku Agenda yang memuat kalender kegiatan LK dan
kalender akademik dari ditmawa
# Kriteria proker yg akan dimasukkan ke
kalender :
-Program eksternal LK (upgrading, rapat
tidak akan di masukan)
-Kegiatan yang sudah ada tanggalnya
-Kegiatan yang memiliki rangkaian kegiatan
tidak lebih dari 4 hari
-Jika lebih dari 4 hari, yang akan dimasukkan
adalah waktu puncak acarnya saja
-Kegiatan rutin yang berulang-ulang tidak
akan dimasukkan ke kalender, hanya masuk timeline
-------ALHAMDULILAH
^^--------------------
Komentar
Posting Komentar