Upaya Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Melalui Pemberdayaan Jasa Catering
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Seiring dengan peningkatan krisis
ekonomi di negara ini maka menyebabkan tingkat pengangguran yang tinggi.
Sedangkan kebutuhan manusia terus mendesak hingga akhirnya manusia mencari
jalan untuk keluar dari masalah perekonomiannya agar dapat memenuhi kebutuhan.
Mereka berusaha mencari peluang kerja yang sesuai dengan kemampuan mereka. Akan
tetapi sangat kecil harapan mereka dalam mendapatkan kesempatan kerja karena
perusahaan-perusahaan mulai dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar pun
berupaya mencegah kebangkrutan dengan cara mengurangi tenaga kerja bukan
menambah tenaga kerja, selain itu tingkat persaingan diantara mereka sangatlah
tinggi. Hal inilah yang menyebabkan para pengangguran kesulitan untuk lepas dari
statusnya sebagai penganggur.
1.2 Identifikasi Masalah
Sesuai dengan judul makalah ini “Upaya Meningkatkan Pertumbuhan
Ekonomi Melalui Pemberdayaan Jasa Catering”, terkait dengan jalan pintas menuju keberhasilan dalam
menjalankan usaha dan fungsi dari sebuah usaha dalam mengurangi tingkat
pengangguran serta tata cara yang perlu diperhatikan dalam prakteknya.
Berkaitan dengan judul tersebut, maka masalahnya dapat
diidentifikasi sebagai berikut :
1. Apa sajakah hal yang perlu diperhatikan dalam
memulai dan menjalankan usaha catering ?
2. Bagaimana cara agar catering yang dijalani
dikenal oleh para konsumen ?
3. Bagaimana cara mempertahankan dan meningkatkan
jumlah orderan atau penjualan ?
1.3 Pembatasan Masalah
Untuk
memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka masalah yang dibahas dibatasi pada
masalah :
a. Hal yang perlu diperhatikan saat akan memulai
usaha catering dan kiat-kiat dalam menjalankannya
b. Konsep pemasaran dalam usaha catering.
c. Kiat-kiat dalam meningkatkan mutu dan kuantitas
penjualan.
1.4 Perumusan Masalah
Berdasarkan latar
belakang dan pembatasan masalah tersebut, masalah-masalah yang dibahas dapat
dirumuskan sebagai berikut :
1. Bagaimana deskripsi dalam menjalankan dan memulai usaha catering ?
2. Bagaimana deskripsi konsep pemasaran dalam usaha catering ?
1. Bagaimana deskripsi dalam menjalankan dan memulai usaha catering ?
2. Bagaimana deskripsi konsep pemasaran dalam usaha catering ?
3. Bagaimana deskripsi
kiat-kiat untuk meningkatkan mutu penjualan ?
1.5 Tujuan Pembelajaran
Saya menyusun makalah ini untuk membahas
mengenai kiat-kiat untuk menjadi pribadi yang handal dalam mencapai
keberhasilan agar dapat memenuhi kebutuhan hidup yaitu dengan cara
“berwirausaha”. Dan yang akan saya bahas dalam makalah ini adalah mengenai contoh
usaha yaitu catering serta kiat-kiat dalam menjalankan usaha catering. Mengapa
saya mengambil usaha catering dalam pembahasan kali ini ? karena usaha catering
adalah jenis usaha yang sederhana dan mudah dalam menjalankannya. Usaha ini pun
sangat menyenangkan serta banyak manfaat dan nilai positifnya yang akan dibahas
lebih lanjut dalam bab pembahasan.
Saya berharap makalah ini mampu memberikan
banyak manfaat bagi para pembaca khususnya bagi para pelajar/mahasiswa yang
bercita-cita menjadi seorang pengusaha yang hebat dan bahkan mampu menciptakan
lapangan pekerjaan yang baru bagi masyarakat kelak. Dan semoga makalah ini
mampu memberikan bekal, motivasi, dan sangat berguna bagi pembaca.
BAB II
LANDASAN TEORI
Untuk membangun sebuah usaha maka seorang wirausaha harus mengenal terlebih
dahulu apa itu yang dimaksud dengan usaha ? jenis usaha apa yang mampu saya
jalankan ? hal apa saja yang harus diperhatikan dalam menjalankan usaha ?
bagaimana cara mengembangkan usahanya itu ?
Usaha adalah salah satu kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk mencapai
keberhasilan guna memenuhi kebutuhan finansial yang dikembangkan oleh pemilik.
Usaha terbagi menjadi tiga yaitu usah kecil, usaha menengah, dan usaha besar.
Walaupun tingkatnya berbeda namun dalam menjalankannya sama-sama
dibutuhkantanggung jawab dan keberanian dalam menerima resiko. Serta cara
pengembangannya pun relatif sama. Penjelasan lebih lanjut mengenai pertanyaan
diatas akan dibahas secara mendetail dalam bab pembahasan.
BAB III
METODOLOGI PENULISAN
Metode yang penyusun gunakan dalam penyusunan ini adalah metode observasi,
kepustakaan, dan deskriptif. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini
adalah penulis dapat mengetahui gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat
mengenai fakta-fakta gejala yang sudah diselidiki.
Adapun langkah – langkah penyusunannya
sebagai berikut :
1.
Menentukan topik yang akan dibahas.
2.
Setelah itu penyusun merumuskan masalah.
3.
Mengumpulkan data. Untuk mengumpulkan data, penulis menentukan dengan cara
browsing melalui internet.
4.
Penyusunan makalah. Setelah tahap – tahap sebagaimana diuraikan diatas,
maka langkah selanjutnya adalah menyusun makalah agar tujuan dan manfaat dapat
dikomunikasikan.
BAB IV
PEMBAHASAN
1. Definisi wira usaha
Wira Usaha adalah kemampuan untuk berdiri sendiri, berdaulat, merdeka lahir
batin, sumber peningkatan kepribadian, suatu proses dimana orang mengajar
peluang, merupakan sifat mental dan sifat jiwa yang selalu aktif, dituntut
untuk mampu mengelola, menguasai, mengetahui dan berpengalaman untuk memacu
kreatifitas.
Kunci keberhasilan Wira Usaha :
1)
Kemauan yang keras
2)
Perjuangan tak kenal lelah
3)
Kesediaan menghadapi segala kemungkinan
4)
Selalu berproses pikir positif
5)
Telaten dan ulet dalam melakukan pekerjaan
6)
Informasi dan konfirmasi harus selalu mendapatkan
7)
Kreatif, ulet, telaten, sabar dan pantang menyerah
Perlu diingat bahwa kegiatan wira usaha akan menunjang ekonomi keluarga /
pemerintah, baik industri dan perdagangan. Pertumbuhan industri yang diikuti
kemajuan perdagangan akan melahirkan kesempatan kerja baru. Lapangan kerja baru
ini akan menampung tenaga kerja baru,yang pada hakekatnya mengurangi
pengangguran, mengatasi ketegangan sosial, meningkatkan taraf hidup masyarakat,
memajukan ekonomi bangsa dan negara, pada akhirnya menentukan pula keberhasilan
pembangunan nasional.
2. Usaha Catering
Usaha Catering adalah salah satu jenis usaha yang menjalankan kegiatannya
berdasarkan pesanan dari pelanggan. Hal yang harus diperhatikan dalam
menjalankan kegiatan usaha ini adalah
a.
Pemasaran
Pemasaran adalah salah satu
kegiatan untuk menawarkan produk dengan cara memperkenalkan produk atau merk
perusahaan atau toko kepada konsumen. Banyak sekali cara-cara pemasaran yang
dapat dilakukan pengusaha dalam memasarkan produknya. Cara yang paling
sederhana adalah mempromosikan produk dari mulut ke mulut. Biasanya konsumen
mempercayai kata-kata temannya atau konsumen lainnya yang sudah pernah
menggunakan jasa catering di toko kita. Selain itu kita juga dapat memperkenalkan
jasa catering ini melalui media seperti internet , tv, media cetak, dll. Tidak
ada salahnya kita membuat brosur agar pelanggan lebih mengetahui secara
mendetail mengenai jasa catering ini.
b.
Harga
Harga adalah faktor utama yang
sangat mempengaruhi tingkat pemesanan dalam usaha catering ini. Sebaiknya
pengusaha menyesuaikan harga sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan pelanggan.
pelanggan yang memiliki tingkat penghasilan tinggi atau berasal dari kalangan
atas pasti mampu membayar dengan harga tinggi dan tentunya memilih kualitas dan
kuantitas yang lebih memadai. Namun bagi mereka yang berpenghasilan rendah atau
berasal dari kalangan menengah kebawah, mereka tidak akan mampu membayar dengan
harga tinggi dan jika kita memberikan harga tinggi bagi mereka maka mereka akan
kabur dan tidak akan menggunakan jasa catering dari toko kita. Oleh karena itu
kita harus mampu menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan membayar konsumen. Agar
tidak merasa rugi jika kita memberikan harga rendah maka kita bisa mengurangi
kuantitas dari produk kita. Dan mencari barang substitusi khususnya dalam hal
lauk pauk. Contohnya harga daging sapi sangat mahal , untuk dapat mengurangi
harga maka daging sapi bisa kita ganti dengan ayam.
c.
Menu
Pelanggan biasanya merasa tertarik
jika banyak pilihan yang ditawarkan oleh produsen. Mereka dapat memilih jenis
pesanan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka. Buatlah pelanggan merasa
tergiur dengan pilihan menu yang ada sehingga akan membantu meningkatkan jumlah
atau tingkat penjualan. Pelanggan pun tidak ragu untuk memesan pesanannya
kepada produsen. Dan jangan lupa isilah menu dengan menyesuaikan antara tingkat
harga dengan kuantitas dan kualitas barang. Dengan begitu konsumen akan merasa
puas dan tidak kecewa.
d.
Rasa
RASA adalah hal yang sangat penting
dalam produk makanan. Pelanggan akan kabur dan merasa kecewa jika lidahnya
merasa tidak cocok dengan makanannya. Rasa dalam makanan harus sangat
diperhatikan agar pelanggan tidak merasa kecewa. Buatlah pelanggan merasa puas
dan ketagihan dengan rasa makanan dari menu yang ditawarkan agar pelanggan
kembali memesan dan mempercayai untuk menjadi pelanggan tetap.
Berapa pun kecilnya usaha catering
yang dijalankan , usaha tersebut harus dijalani dengan serius. Artinya usaha
tersebut harus ditempatkan sebagai usaha yang tidak main-main dan harus
ditangani secara profesional.
e.
Sertifikat halal
Mayoritas masyarakat indonesia
adalah islam. Agama islam mengharamkan dan menghalalkan beberapa makanan bagi
umatnya. Oleh karena itu rata-rata masyarakat indonesia sangat telaten dalam
mengkonsumsi jenis makanan. Dan mereka akan mengkonsumsi makanan yang layak
mereka makan atau halal bagi mereka. Biasanya dalam kemasan produk makanan
mereka akan meneliti apakah ada logo halal misalnya logo atau cap dari MUI
(Majelis Ulama Islam) dan terdaftar dari BPOM. Lalu bagaimana dengan usaha
catering ?? usaha catering kan tidak menjual kemasan
Jangan khawatir, dalam usaha
catering, haruslah memiliki sertifikat halal. Sertifikat halal digunakan para
pengusaha catering dan sejenisnya sebagai bukti bahwa makanan yang dijual itu
halal dan tidak mengandung zat kimia berbahaya apapun. Sehingga konsumen merasa
yakin untuk memesan makanan catering pada toko kita.
BAB V
KESIMPULAN
Usaha catering datang dalam bisnis terbaru yang telah mendapatkan
popularitas di seluruh dunia. Hal ini dianggap sebagai salah satu usaha
berskala besar yang dilengkapi oleh ide usaha yang kreatif. Ide-ide tersebut
adalah :
- Kebutuhan dan keinginan pelanggan
- Produk yang dijual
- Wide layanan. Yaitu penyedia layanan yang baik dalam bidang jasa
- Presentasi dan faktor harga
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar