PELAYANAN DI PUSKESMAS PUNDONG
Puskesmas merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang disediakan pemerintah
kepada masyarakat untuk yang mau memeriksakan kesehatannya. Puskesmas sangat
berperan dalam pemeliharaan kesehatan masyarakat khususnya di daerah tertinggal
dan masyarakat desa umumnya. Puskesmas sebagai sarana kesehatan harus mampu
melayani masyarakat untuk mendapatkan haknya. Salah satunya adalah ketika ada
yang mau periksa atau berobat. Di daerah kecamatan Pundong, dimana daerah saya
tinggal adanya puskesmas sangat penting sekali bagi warga setempat. Puskesmas
Pundong telah menyediakan Unit Gawat Darurat (UGD). Tentu saja pelayanan yang
diberikan dari puskesmas kepada masyarakat yang menilai apakah pelayanannya
baik atau tidak masyarakatlah yang menilai. Menurut saya di Puskesmas Pundong
dilihat dari segi letaknya sudah cukup dapat dijangkau oleh masyarakat
sekecamatan karena berlokasi di tengah-tengah kecamatan. Namun ada hal yang
membuat saya ingin tahu adalah tentang jam pelayanan puskesmas dan jam kerja
dokter yang ada di puskesmas. Menurut jadwal yang tertempel di puskesmas dimulai
pukul 08.00 WIB, tetapi pada kenyataannya dokter yang bertugas di
puskesmas banyak yang belum datang. Semoga ada sosialisasi kepada masyarakat
selain tentang pentingnya menjaga kesehatan juga tentang pelayanan di puskesmas.
Jam kerja dan jam pelayanan di puskesmas perlu disosialisasikan agar masyarakat
mengetahui. Kebanyakan pasien yang lanjut usia biasanya melakukan pendaftaran
pagi-pagi agar tidak antri banyak. Puskesmas keliling juga perlu
disosialisasikan karena dengan adanya hal itu bagi masyarakat yang cukup jauh
tempatnya dapat periksa di puskesmas keliling tersebut. Khususnya bagi lansia
yang tinggal di daerah yang cukup jauh selain menghemat biaya untuk pergi ke
puskesmas hal itu juga dapat menghemat waktu. Pengalaman menunggu dokter itu
membosankan apalagi pada saat melakukan pendaftaran petugasnya tidak ramah. Pernah
ada seorang pasien yang akan memeriksakan gigi yang ketika itu di puskesmas
hanya dilayani pada hari tertentu saja. Jam delapanan lebih sudah banyak yang
mengantri periksa terutama pada poli umum. Namun yang membuat saya heran saya
belum melihat dokter di ruang periksa. Mungkinkah jam kerja dokter itu tidak
sesuai dengan yang ada dijadwal?. Pasien itu pun harus menunggu lama karena
dokter belum datang. Semoga pelayanan di Puskesmas Pundong menjadi lebih baik.
Terutama untuk tenaga kesehatan khususnya dokter. Dokter diharapkan hadir tepat
waktu sehingga pasien yang sudah mengantri tidak menunggu lama. Petugas
pendaftaran agar lebih ramah dan sabar apalagi ketika menghadapi pasien yang
sudah lanjut usia. Kebersihan di puskesmas juga lebih diperhatikan khususnya di
ruang tunggu. Prasarana kesehatan seperti ruang tunggu merupakan ruang yang
sering digunakan para pasien untuk menunggu panggilan diperiksa sehingga
ruangan harus bersih dan akan membuat pasien menjadi nyaman. Di Puskesmas
Pundong sudah dilakukan penambahan jumlah kursi karena dulu jika ada pasien
cukup banyak maka pasien harus bersabar mengantri sambil berdiri. Sekarang juga
sudah dilengkapi dengan sebuah televisi agar pasien yang menunggu tidak jenuh sambil
menonton acara di tv tahu-tahu nanti
sudah dipanggil untuk diperiksa. Website yang ada semoga lebih di update lagi agar
setiap informasi atau berita dapat tersampaikan melalui media sosial seperti
blog Puskesmas Pundong. Walaupun
puskesmas hanya berada di desa, tetapi diharapkan informasi yang ada bisa menyebar hingga ke
luar desa. Apalagi dengan makin canggihnya teknologi akses kebutuhan informasi
begitu sangat banyak. Kualitas pelayanan puskesmas yang baik
dapat menciptakan kesejahteraan bersama.
#SalamSehat
Komentar
Posting Komentar