PELAYANAN DI PUSKESMAS PUNDONG

        Puskesmas merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang disediakan pemerintah kepada masyarakat untuk yang mau memeriksakan kesehatannya. Puskesmas sangat berperan dalam pemeliharaan kesehatan masyarakat khususnya di daerah tertinggal dan masyarakat desa umumnya. Puskesmas sebagai sarana kesehatan harus mampu melayani masyarakat untuk mendapatkan haknya. Salah satunya adalah ketika ada yang mau periksa atau berobat. Di daerah kecamatan Pundong, dimana daerah saya tinggal adanya puskesmas sangat penting sekali bagi warga setempat. Puskesmas Pundong telah menyediakan Unit Gawat Darurat (UGD). Tentu saja pelayanan yang diberikan dari puskesmas kepada masyarakat yang menilai apakah pelayanannya baik atau tidak masyarakatlah yang menilai. Menurut saya di Puskesmas Pundong dilihat dari segi letaknya sudah cukup dapat dijangkau oleh masyarakat sekecamatan karena berlokasi di tengah-tengah kecamatan. Namun ada hal yang membuat saya ingin tahu adalah tentang jam pelayanan puskesmas dan jam kerja dokter yang ada di puskesmas. Menurut jadwal yang tertempel di puskesmas dimulai pukul 08.00 WIB, tetapi pada kenyataannya  dokter yang bertugas di puskesmas banyak yang belum datang. Semoga ada sosialisasi kepada masyarakat selain tentang pentingnya menjaga kesehatan juga tentang pelayanan di puskesmas. Jam kerja dan jam pelayanan di puskesmas perlu disosialisasikan agar masyarakat mengetahui. Kebanyakan pasien yang lanjut usia biasanya melakukan pendaftaran pagi-pagi agar tidak antri banyak. Puskesmas keliling juga perlu disosialisasikan karena dengan adanya hal itu bagi masyarakat yang cukup jauh tempatnya dapat periksa di puskesmas keliling tersebut. Khususnya bagi lansia yang tinggal di daerah yang cukup jauh selain menghemat biaya untuk pergi ke puskesmas hal itu juga dapat menghemat waktu. Pengalaman menunggu dokter itu membosankan apalagi pada saat melakukan pendaftaran petugasnya tidak ramah. Pernah ada seorang pasien yang akan memeriksakan gigi yang ketika itu di puskesmas hanya dilayani pada hari tertentu saja. Jam delapanan lebih sudah banyak yang mengantri periksa terutama pada poli umum. Namun yang membuat saya heran saya belum melihat dokter di ruang periksa. Mungkinkah jam kerja dokter itu tidak sesuai dengan yang ada dijadwal?. Pasien itu pun harus menunggu lama karena dokter belum datang. Semoga pelayanan di Puskesmas Pundong menjadi lebih baik. Terutama untuk tenaga kesehatan khususnya dokter. Dokter diharapkan hadir tepat waktu sehingga pasien yang sudah mengantri tidak menunggu lama. Petugas pendaftaran agar lebih ramah dan sabar apalagi ketika menghadapi pasien yang sudah lanjut usia. Kebersihan di puskesmas juga lebih diperhatikan khususnya di ruang tunggu. Prasarana kesehatan seperti ruang tunggu merupakan ruang yang sering digunakan para pasien untuk menunggu panggilan diperiksa sehingga ruangan harus bersih dan akan membuat pasien menjadi nyaman. Di Puskesmas Pundong sudah dilakukan penambahan jumlah kursi karena dulu jika ada pasien cukup banyak maka pasien harus bersabar mengantri sambil berdiri. Sekarang juga sudah dilengkapi dengan sebuah televisi agar pasien yang menunggu tidak jenuh sambil menonton acara di tv tahu-tahu nanti sudah dipanggil untuk diperiksa. Website yang ada semoga lebih di update  lagi agar setiap informasi atau berita dapat tersampaikan melalui media sosial seperti blog Puskesmas Pundong. Walaupun puskesmas hanya berada di desa, tetapi diharapkan  informasi yang ada bisa menyebar hingga ke luar desa. Apalagi dengan makin canggihnya teknologi akses kebutuhan informasi begitu sangat banyak. Kualitas pelayanan puskesmas yang baik dapat menciptakan kesejahteraan bersama.
#SalamSehat

Komentar

Postingan Populer