TUGAS SIA SISTEM PENJUALAN REAL TIME


SISTEM PENJUALAN REAL TIME
Disusun Sebagai Tugas Mata Kuliah Sistem Informasi Akuntansi
G:\logo.jpg

Disusun oleh:
Eprin Mukti Rahayu
13133100136

PROGRAM STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
2015
Kata Pengantar
Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena berkat rahmat-Nya penyusun bisa menyelesaikan makalah yang berjudul Sistem Informasi Akuntansi Jual Beli Online. Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah Sistem Informasi Akuntansi.
Penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun penyusun harapkan demi sempurnanya makalah ini. 
Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.



Yogyakarta, 23 April 2015

Penyusun





DAFTAR ISI

Halaman Judul ---------------------------------------------------------------------         i
Kata Pengantar---------------------------------------------------------------------         ii
Daftar Isi---------------------------------------------------------------------------         iii
BAB I Pendahuluan----------------------------------------------------------------         1
A.                                                                                                                                                                                                                                Latar Belakang Masalah                1
B.                                                                                                                                                                                                                                Rumusan Masalah             1
C.                                                                                                                                                                                                                                Tujuan                  2
D.                                                                                                                                                                                                                                Manfaat                2
BAB II Pembahasan----------------------------------------------------------------         3
BAB III Penutup-------------------------------------------------------------------         6
A.                                                                                                                                                                                                                                Simpulan               6
B.                                                                                                                                                                                                                                Saran                    6
Daftar Pustaka---------------------------------------------------------------------         7









BAB I
PENDAHULUAN
A.                                                                                                                                                                                                                                                        Latar Belakang Masalah
Sistem penjualan real-time menggunakan teknologi informasi kontemporer untuk memaksimumkan kinerja sistem. Dalam sistem penjualan real-time, order pembelian atas item persediaan dibuat atas dasar tarikan permintaan, bukan atas dasar dorongan untuk mengisi level persediaan secara berkala dalam interval waktu tertentu (seperti bulanan atau mingguan). Barang baru akan datang ketika ada pesanan atau dibutuhkan. Order ke pemasok didasarkan atas penjualan aktual untuk mengisi kembali item persediaan yang terjual. System penjualan real-time merupakan sentral dari strategis bersaing.
System ini juga merupakan pusat strategis bersaing bagi para pemasok perusahaan eceran. Diperlukan tingkat kerja sama yang tinggi antarmitra dagang untuk mengimplementasikan system penjualan real-time. Perusahaan pemasok dan pembeli sering terlibat dalam kesepakatan kerja sama dagang tanpa persaingan. Sebelum system real-time mitra dagang biasanya bekerja sama secara objektif, salingberbagi sedikit informasi yang dibutuhkan untuk membuat kesepakatan. Pengungkapan informasi yang lebih banyak dapat menjadi peluang bagi mitra dagang untuk mengambil manfaat dari kita. 



B.                                                                                                                                                                                                                                                        Rumusan Masalah
1.                                                                                                                                                                                                                                          Bagaimana Proses transaksi pada system penjualan real-time?

C.                                                                                                                                                                                                                                                        Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah system penjualan real time adalah sebagai berikut :
1.                                                                                                                                                                                                                                         Meningkatkan minat masyarakat dengan adanya sistem penjualan real time dan memanfaatkan teknologi yang canggih untuk membuka bisnis penjualan real time,
2.                                                                                                                                                                                                                                         Mengetahui proses penjualan system real-time.
3.                                                                                                                                                                                                                                         Untuk mengetahui penerapan dari proses penjualan system real-time.
4.                                                                                                                                                                                                                                         Untuk mengetahui fungsi dari proses penjualan system real-time.

D.                                                                                                                                                                                                                                                        Manfaat
1.                                                                                                                                                                                                                                         Manfaat Teoritis
Memberikan informasi atau pengetahuan pada masyarakat tentang penjualan real time.
2.  Manfaat Praktis
a.       Menambah penghasilan perusahaan.
b.      Memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli.







BAB II
PEMBAHASAN

A.                                                                                                                                                                                                                                                        Pembahasan
1.                                                                                                                                                                                                                                             Mengirim Katalog Elektronik ke pelanggan secara berkala dikirimi catalog elektronik yang memuat produk yang ditawarkan pemasok. Bgai masing-masing pelanggan, dapat dibuat dikatalog versi khusus sehingga catalog dapat itu merefleksikan kesepakatan harga antara pemasok dengan pelanggan yang bersangkutan sebagai hasil tender. Pengiriman kaalog secara elektronik memilik tiga manfaat utama dibandingkan pengiriman catalog dalam bentuk kertas. Pertama untuk membuat order pembelian EDI. Hal ini dapat meminimalkan kesalahan yang mungkin muncul akibat pengetikan data secara manual. Kedua, catalog tersebut memungkinkan pelanggan mendapatkan informasi harga baru yang up to-date dan informasi jangka waktu pesanan secara instan. Ketiga catalog elektronik memuat kode produk UPC sehingga kode tersebut dapat digunakan oleh kedua belah pihak untuk identifikasi dan pelacakan otomatis.
2.                                                                                                                                                                                                                                             Memperkirakan pesanan penjualan pelanggan dalam banyak kasus perusahaan akan menganalisis tren penjualan pelanggan dan memprediksi kebutuhan di masa yang akan datang.
3.                                                                                                                                                                                                                                             Menerima pesanan dan menerjemahkan pesanan yang diterima pemrosesan pesanan EDI yang diterima dari pelanggan melibatkan beberapa fase, seperti penerimaan pesanan secara fisik, validasi dan pengecekan keaslian, dan deskripsi dan penterjemahan. Setiap fase tersebut akan didiskusikan lebih lanjut.
Penerimaan pesanan secara fisik. Ada beberapa cara penerimaan pesanan, tergantung system yang digunakan. Pesanan dapat berupa pesan e-mail melalui system mail internal perusahaan atau melalui system EDI (mail pihak ketiga). Alternative lain, perusahaan bisa jadi memiliki server komunikasi EDI sendiri.
4.                                                                                                                                                                                                                                             Mengirim surat pemberitahuan bahwa pesanan telah diterima berikutnya  perusahaan mengirim sebuah surat pemberitahuan kepada pengirim pesan,. Ada tiga jenis surat pemberitahuan yaitu surat pemberitahuan transmisi hanya memuat informasi bahwa pesan telah diterima. Surat pemberitahuan fungsional tidak hanya memuat pemberitahuan bahwa pesan telah diterima, tetapi juga laporan secara rinci mengenai item pesanan yang diterima oleh pemasok. Terakhir surat pemberitahuan transaksional memberikan verifikasi penuh mengenai semua data pesanan yang ada di dalam order yang diterima pemasok (missal kebenaran nomor kode barang yang dipesan).
5.      Mengirim informasi pesanan ke gudang atau ke proses produksi , informasi barang yang dipesan dikirim ke bagian produksi atau ke gudang untuk diproses lebih lanjut. Pemrosesan transaksi di dalam departemen produksi atau gudang akan didiskusikan lebih rinci.
6.      Membuat dan mengirim pemberitahuan bahwa barang telah dikirim. Emberitahuan bahwa barang yang dipesan pelanggan sedang dikirim berguna agar konsumen tahu tanggal kapan barang yang dipesan akan diterima. Pemberitahuan ini akan memuat juga nomor order pembelian pelanggan kuantitaas barang yang dikirim, dan barcode untuk identifikasi otomatis. Dalam banyak perusahaan surat pemberitahuan ini juga berfungsi sebagai faktur tagihan.
7.      Mengirim barang departemen pengiriman barang akan menscan item persediaan saat persediaan tersebut dikemas. Dengan cara ini, system akan secara otomatis mengecek kesesuaian barcode barang yang dipak dengan barcode yang tercantum dalam surat pemberitahuan pengiriman barang. Slip pengepakan barang juga dibuat secara otomatis.

Pemasok
EDI
Pengecer
Mengirim katalog elektronik ke pelanggan
C:\Users\Public\Pictures\Sample Pictures\Untitled.png
Menerima dan menerjemahkan order yang diterima
Mengirim pemberitahuan
ΓΌ                      
Mengirim pesanan untuk persediaan atau produksi

Mengirim surat pemberitahuan mengenai pengiriman barang
C:\Users\Public\Pictures\Sample Pictures\Untyuth.png
Mengirim barang








BAB III
PENUTUP

A.                                                                                                                                                                                                                                                        Kesimpulan
Untuk melakukan bisnis system penjualan realtime sebaiknya kita merencanakan terlebih dahulu bisnis penjualan apa yang akan ditekuni. Bisnis yang dijalani harus sesuai permintaan masyarakat.
B.                                                                                                                                                                                                                                                        Saran
Supaya system penjualan realtime dapat berjalan dengan baik maka harus mentaati prosedur yang ada.









DAFTAR PUSTAKA
George H. Bodnar & William S. Hopwood. 2004. SISTEM INFORMASI AKUNTANSI. Andi : Yogyakarta.


Komentar

Postingan Populer