BAB IV PENUTUP LAPORAN KKL



A.    Kesimpulan
Dari hasil yang diperoleh selama KKL dalam hal ini PT. Perkebunan Nusantara mampu menjaga kualitas produknya dan selalu menjaga produknya di pasaran dengan menjaga ketersediaan produknya di pasaran dengan melakukan strategi-strategi yang tepat untuk dapat bersaing. Bahan bakunya pun dari biji kopi yang berkualitas pilihan, karena PT. Perkebunan Nusantara memiliki perkebunan sendiri. Sejak tahun 1911 hingga saat ini bukanlah pencapaian yang mudah tetapi butuh perjuangan yang panjang pula untuk mempertahankan eksistensi produk kopi.
Dalam strategi untuk meningkatkan penjualan di PT. Chimory menggunakan sistem penjualan melalui promosi yang memberikan informasi kepada konsumen melalui wisata yang ditawarkan di tempat. Mulai dari proses pemerahan susu hingga proses produksi bisa dilihat secara langsung.
Dengan adanya manajemen strategi dan distributor maka bisa mencapai tujuan baik PT. Perkebunan Nusantara maupun PT. Chimory. Selain mempertahankan kualitas produk perusahaan juga sangat memperhatikan proses produksi. Proses produksi yang baik akan menghasilkan produk yang baik pula.
B.     Keterbatasan
Adapun keterbatasan-keterbatasan yang kami alami selama KKL yaitu antara lain :
1.      Kurangnya informasi dari pihak manajemen perusahaan
2.      Keterbatasan waktu dalam KKL
3.      Keterbatasan tempat dalam pelaksanaan KKL
4.      Tidak adanya brosur atau pamflet tentang produk-produk yang dihasilkan
C.     Saran

Persaingan bisnis pada dasarnya adalah hal yang wajar tidak hanya dalam bidang bisnis melainkan pada bidang-bidang yang lainnya.  Pesaing PT. Perkebunan Nusantara dan PT. Chimory tidak hanya dari lini produk, tetapi dari produk lain. Sudah seharusnya perusahaan harus kreatif dan inovatif dalam melakukan pengembangan produk. Serta membuat produk lebih menarik dan bervariasi. Oleh karena itu suatu organisasi atau perusahaan harus mengambil sisi positif dari sebuah persaingan karena tanpa pesaing suatu perusahaan tidak akan menjadi lebih baik.

Komentar

Postingan Populer